Tips Perawatan Rambut Sehat

Tips Perawatan Rambut Sehat

Rambut merupakan mahkota bagian penting dari penampilan. Rambut yang indah dan terawat tentu akan menambah daya tarik seseorang. Berikut adalah beberapa tips cara merawat rambut anda :

Pilih shampo yang tepat dan conditioner untuk jenis rambut Anda

Ada banyak jenis dan merek sampo, dan conditioner tetapi pastikan bahwa Anda memilih satu yang paling sesuai dengan jenis rambut Anda. Misalnya, jika Anda memiliki rambut kering, kemudian membeli sampo yang dirancang untuk rambut kering.

Dan memeriksa bahan yang terkandung dalam shampo tersebut. Banyak shampoo mengandung aditif yang dapat terlalu keras untuk rambut Anda. Carilah yang mengandung klorida yang hydroxypropyltrimonium Dimethicone dan guar karena ini akan memastikan bahwa rambut Anda tetap lembut dan mengkilat.

Lakukan pola hidup sehat

Pola hidup sehat mencakup tidak merokok, rajin berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan bergizi, juga melakukan refreshing dan relaksasi agar pikiran tidak menjadi stress. Untuk makanan, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E, selenium karena zat ini yang sangat baik menjaga kesehatan rambut.

Pijat kulit kepala

Setiap malam sebelum tidur, biasakan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari. Aktivitas ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala.

Hindari menggunakan produk rambut yang berlebihan

produk rambut seperti gel, hairsprays, pengkondisi, mousses dan warna rambut yang berlebihan bisa merusak helai rambut atau bahkan menyebabkan rambut rontok.

Pilah - pilih Sisir

Gunakan sisir yang bergigi renggang atau sikat rambut yang tidak tajam. Sisiri rambut anak secara lembut. Bila tidak, salah-salah cara rambut si kecil malah rusak dan rontok. Jadikan acara menyisiri rambut ini sebagai ajang untuk menunjukkan kasih sayang dan menjalin kedekatan.

Kesehatan rambut erat kaitannya dengan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang kurang baik akan mudah menyebabkan rambut rusak atau rontok. Hindari membeli sisir berbahan nilon karena berisiko menyebabkan rambut mudah patah. Meskipun terlihat gaya, sisir berbahan metal juga dapat merusak rambut. Jangan lupa, bersihkan sikat dari sisa rambut yang tersangkut. Cuci dengan air hangat hingga bersih. Untuk bayi, gunakan selalu sisir bayi yang lembut.

Gunting Rambut

Guntinglah rambut secara teratur. Selain untuk menjaga penampilan, rambut yang pendek juga memudahkan orangtua menjaga kebersihan rambut. Memotong rambut juga berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, mudah patah, atau kering. Bahkan untuk bayi, orangtua bisa menggunduli anak dalam beberapa waktu tertentu. Selain rambut dan kulit kepala bayi mudah dibersihkan, rambut yang baru akan tumbuh lebih lebat dan hitam.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya