Tips Cerdas Memilih dan Merawat Power Bank Yang Tepat

 Jumat, 17 Oktober 2014 10:41 WIB

Tips Cerdas Memilih dan Merawat Power Bank Yang Tepat

Power Bank kini menjadi suatu alat tambahan yang penting bagi kita, mengingat smartphone yang ada saat ini kebanyakan selalu terkoneksi dengan internet, sehingga baterainya cepat habis dalam beberapa jam saja. Daya baterai masing-masing gadget berbeda, perangkat yang lebih besar biasanya memiliki daya yang lebih besar.

Contohnya Samsung type Galaxy Note 2 yang daya baterainya mencapai 3.100 mAh, sedangkan iPhone 5 hanya 1.440 mAh. Semakin besar layar gadget, semakin banyak energi yang digunakan. Selain itu, masing-masing performa gadget berbeda-beda, jadi belum tentu baterai yang memiliki daya lebih besar lebih tahan lama daripada yang lebih kecil. Saat ini di pasaran banyak Power Bank dari Cina yang menjanjikan daya yang besar, dengan harga yang murah, namun apakah aman untuk smartphone Anda? Ada harga ada kualitas.

Beberapa isu yang beredar setelah penggunaan Power Bank yang berkualitas buruk antara lain

  • Panas yang berlebihan (overheat), dapat merusak baterai gadget juga hardware lain di dalamnya, bahkan meledak.
  • Kapasaitas Power Bank tidak seperti yang tertera, Power Bank bocor, tidak terisi saat powerbank di-charge. Pada intinya, dalam memilih power bank, kita harus mengetahui perusahaan yang menjual. Jika belum bisa dipercaya, sebaiknya jangan mengambil risiko. Harga menentukan kualitas. Jangan tergiur dengan powerbank yang memiliki daya besar dengan harga murah, lebih baik mengeluarkan kocek lebih, tapi kualitas terjamin dan bergaransi.

Tips Memilih Power Bank Yang Tepat

  • Lihat dulu perusahaan yang memproduksi. Sebelum membeli power bank, alangkah baiknya kita lihat dulu perusahaan yang memproduksi power bank tersebut, sudah teruji atau belum perusahaan tersebut, karena ini akan memberi nilai plus bagi kita.
  • kualitas. mutu sesuatu power bank tidak cuma dapat memastikan kinerja dari power bank itu sendiri, terutama tidak hanya seberapa cepat pengisian daya yang didapatkannya, tetapi berapa cepat dan akuratnya pengisian daya nya, sebab bila power bank kita mengisi dengan cepat tetapi tidak akurat dalam artian tidak sesuai dengan spek atau kapasitas hp / gadget kita, bukannya gadget kita dapat terisi, tetapi justru mengakibatkan kerusakan daya tampung baterai gadget yang kita sayangi. rugi kan?
  • Ketahui Kapasitas Power Bank. Sangat penting banget dalam memilih kapasitas karena ini akan mengetahui berapa kali kita bisa men-charge gadget dengan kapasitas total power bank tersebut. Misalnya kita punya Sony Xperia M dengan kapasitas baterai 1530 mAh jadi kita perlu power bank dengan kapasitas yang sama atau lebih besar semisal membeli kapasitas 3000 mAh jadi kita bisa men-charge 2x. Atau semisal membeli power bank dengan kapasitas 8600 mAh berarti kita bisa ngecharge sekali Galaxy Tab 3 dengan kapasitas baterai 6800 mAh dan sekali Xperia M dengan baterai 1530 mAh. Ini hanya hitungan kasar karena masih ada loss atau daya yang hilang sehingga tentunya dipastikan pengisian berikutnya tidak akan sampai penuh. pilihlah pasti power bank dengan kapasitas yang real, output yang real serta cocok keperluan kita.
  • Lihat Tegangan Output. Ketika membeli power bank pasti kita akan mendapat kabel yang satu seperti USB dihubungkan ke power bank dan satunya lagi biasanya dengan banyak cabang dihubungkan ke gadget. Nah biasanya ada tulisan 1A dan 2A yang menunjukkan ampere. Kalo semisal kita punya ponsel dengan baterai 1500 mAh, dengan menggunakan kabel colokan 1A berarti perlu waktu mengisi sekitar 1.5 jam dan berarti kalo memakai 2A hanya perlu mengisi 45 menit. Ini tidak sepenuhnya salah tetapi ada beberapa gadget yang tidak mengijinkannya jadi walaupun dipake kabel 2A tetap pengisiannya menggunakan 1A.
  • Cermati Fitur Yang Dimiliki. Power Bank ada beberapa fitur keselamatan yang harus ada karena bahaya tidak memandang kapan akan terjadi semisal korslet yang mengakibatkan kebakaran. Overcharge, perlu ada perlindungan ini dimana power bank akan melindungi gadget Anda dari arus yang berlebihan ketika pengisian sudah penuh. Jika tidak ada tentunya bisa memperpendek umur baterai dari powerbank dan juga gadget Anda.
    - Short Circuit, atau biasa dikenal arus pendek dimana bisa melindungi gadget dari hal ini yang biasanya salah satu penyebab terjadinya kebakaran.
    - High Temperature, diperlukan perlindungan agar power bank mendeteksi ketika menyuplai daya ke gadget tidak menimbulkan panas yang berlebihan.
  • Kelengkapan Power Bank. Biasanya power bank memiliki kabel A/C, konektor, lampu indikator, baterai asli dan usahakan membeli power bank baru bukan yang bekas karena ini sangat mempengaruhi daya tahan baterai untuk mengisi gadget Anda.
  • Gunakan Kabel Gadget Asli. Bagi yang punya gadget merk lokal mungkin tidak masalah tapi jika punya gadget mahal lebih baik gunakan kabel asli yang dihubungkan ke power bank. Mengapa? Ini karena kabel asli bawaan pabrik lebih stabil mengeluarkan output dibandingkan kabel bawaan dari power bank. Jangan sampai gadget Anda rusak karena hal ini.
  • Model dan Kualitas. Di pasaran banyak sekali model dan kualitas dari power bank. Sebaiknya pilih yang portable dan tidak terlalu besar sehingga tidak repot dibawa bepergian dan juga kualitas dari cell baterainya. Garansi Minimal 1 tahun karena banyak sekali power bank model palsu, biasanya mereka tidak terlalu memberi garansi dengan rentang waktu yang lama. Pastikan juga itu bukan garansi toko tapi memang benar garansi dari pabrik resmi. Garansi minimal setahun membuktikan bahwa power bank merk tersebut memang berkualitas bagus sehingga mereka berani menjamin produk mereka. Harga mahal lebih terjamin, masa punya gadget mahal tapi malah beli power bank murahan yang nantinya berakibat gadget lebih cepat rusak, ngga asik kan? Jadi kalo memang sayang dengan gadget lebih baik cari tahu dulu merk asli dengan kapasitas semisal 5000 mAh rentang harganya sekitar berapa. Sumber selain dari penjual power bank juga banyak kok di internet. catatan (hati-hati memilih power bank karena salah pilih, gadget kita yang rusak.

Cara memakai dan merawat power bank yang baik dan benar

  1. Isi Penuh. Usahakan setiap kali mengisi power bank, dilakukan secara optimal. dengan kata lain, tunggu hingga alat ini sepenuhnya terisi. Lampu indikator akan menyala semua jika power bank sudah terisi penuh.
  2. Charge harus off. Gunakan power bank untuk pengecharge an hape dalam keadaan off karena akan membuat umur baterai di hape lebih awet karena jika digunakan hape dalam keadaan on baterai di power bank akan dipaksa bekerja 2x lipat sehingga menyebabkan umur baterai di power bank lebih pendek dan umur baterai hape juga bekerja 2x lipat karena harus mencari sinyal yang tidak stabil akibatnya baterai di hape dicharge dari power bank tidak optimal.
  3. Gunakan darurat saja. Batasi pengecasan mengunakan power bank. Gunakan charger biasa untuk mengecas gadget jika memang tersedia colokan listrik karena umumnya power bank memiliki batasan jumlah pengecasan. Artinya dalam beberapa kali pengecasan, alat ini akan menurun kinerja penampungan tenaganya. Semakin sering melakukan pengecasan, semakin cepat pula alat ini bekerja secara tidak optimal.
  4. Tinggalkan Fungsi Penerang. Meski powerbank sering dilengkapi dengan fungsi senter, jangan pernah bermain-main dengan fungsi ini karena sangat menyedot tenaga. Penggunaan fungsi senter ini akan mengakibatkan isi powerbank cepat habis.
  5. Hindarkan dari Suhu Ekstrim. Karena berisi baterai isi ulang, powerbank cepat sekali drop jika sering kita bawa ke tempat-tempat bersuhu ekstrim, baik panas maupun dingin. Bahan baterai di dalam powerbank rentan terhadap suhu-suhu seperti itu. Jika memang harus membawanya dalam suhu ekstrim, usahakan power bank dibungkus dengan baik agar suhu yang melingkupinya tetap normal.
  6. Hindari Jatuh. Bahan baterai di dalam powerbank juga sangat rentan terhadap benturan keras. Seperti elemen pada aki, ketika terjadi benturan keras, kerusakan baterai dapat saja terjadi sehingga daya tampungnya menurun.
 Artikel lainnya
 Share & Komentar