Tips Cermat Membeli Rumah Pertama Kali

Tips Cermat Membeli Rumah Pertama Kali

Ada banyak hal yang harus diperhatikan pada saat kita akan membeli rumah, mulai dari lokasi, harga, bunga, proyeksi kenaikan harga, mutu bangunan, dan lain lain.

Semua hal diatas, memerlukan perhitungan yang sangat cermat, sehingga untuk Anda yang baru akan memiliki rumah untuk pertama kali, hal tersebut dapat menyita banyak waktu.

Setidaknya, ada 5 faktor utama yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan membeli rumah yang cocok untuk Anda dan keluarga. Faktor faktor tersebut, antara lain adalah :

  1. Lokasi rumah yang hendak dibeli haruslah memiliki akses jalan yang layak dan mudah dicapai dalam segala kondisi. Jangan mudah terpengaruh oleh janji-janji manis dari orang yang hendak memasarkan rumah tersebut, ataupun iklan developer yang mengatakan bahwa perumahan tersebut dapat dijangkau hanya 10 menit dari pintu tol. Cobalah menghitung sendiri saat lalu lintas padat dan sewaktu senggang, sehingga Anda bisa mendapatkan perhitungan.
  2. Pastikan lingkungan obyek rumah tersebut tersebut memiliki suasana dan tetangga yang menyenangkan karena di sanalah nantinya Anda akan banyak menghabiskan waktu. Cobalah menyapa tetangga terdekat Anda sambil Anda bersilaturahmi untuk mendapatkan simpati dari mereka. Biar bagaimanapun, nantinya tetangga adalah orang pertama yang akan dimintai bantuan jika ada sesuatu yang terjadi pada saat Anda di rumah.
  3. Pastikan juga komplek perumahan yang Anda pilih memiliki sarana dan fasilitas yang cukup memadai, seperti akses kendaraan umum yang mudah dijangkau, jalan yang lebar, listrik, air bersih yang cukup, keamanan 24 jam, kebersihan, pasar, sekolah, mini market, klinik kesehatan, sarana olahraga, pusat hiburan, taman bermain yang bisa dijangkau dengan mudah.
  4. Pastikan rumah tersebut tersebut tidak berada pada daerah yang rawan banjir, kalau anda didak cukup waktu untuk menceknya sendiri, maka bisa ditanyakan pada para tetangga, ataupun warung disekitar perumahan tersebut.
  5. Terakhir, perhatikan kondisi dan kualitas bangunan rumah secara detil. Bila terdapat retak retak besar, maka fondasi rumah tersebut harus diwaspadai. Bila perlu, buat daftar untuk melakukan cek terhadap kondisi atap, tembok, kusen, jendela, kamar mandi, saluran air, serta lubang angin. Terutama, jika rumah tersebut adalah rumah second, sebaiknya Anda bisa mengajak ahli bangunan, untuk memperhitungkan biaya renovasi, hingga rumah tersebut layak dihuni. Apabila langkah langkah tersebut bisa dilakukan dengan baik, maka diharapkan, Anda dapat mendapatkan rumah yang baik untuk Anda sekeluarga.
 Share & Komentar

 Artikel lainnya