Bingung Mau Berlibur ke Dieng Naik Apa, Berikut Infonya

Bingung Mau Berlibur ke Dieng Naik Apa, Berikut Infonya

Dieng merupakan salah satu kawasan dataran tinggi yang termasuk di daerah kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Dimana kawasan ini merupakan salah satu tempat wisata yang eksotis dengan pemandangan yang indah serta suasana udaranya yang sejuk.

Khususnya bagi Anda yang saat ini mungkin berada di kota Jakarta dan ingin menikmati liburan serta memiliki rencana untuk backpacker ke Dieng namun bingung naik transportasi apa, maka di sini kami akan ulas informasinya.

Dari Jakarta menuju dataran tinggi Dieng dapat ditempuh dengan 2 opsi, yaitu bisa melalui jalur darat, seperti bus dan kereta api. Sedangkan untuk jalur transportasi udara bisa menggunakan Pesawat Terbang.

Transportasi Darat

1. Jalur Bus Umum

Khusus jalur bus umum dari Jakarta ke Dieng cukup banyak pilihannya, Anda bisa menggunakan bus jurusan Jakarta – Banjarnegara – Wonosobo sebagai berikut :

  • Dari Terminal Bus Pulogadung bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra).
  • Dari Terminal Bus Rawamangun bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)
  • Dari Terminal Bus Lebak Bulus bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)
  • Dari Terminal Bus Kampung Melayu bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)
  • Dari Terminal Bus Kalideres bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)

Jika Anda menggunakan Jalur darat khususnya transportasi bus umum, maka Anda bisa turun di terminal bus Banjarnegara, setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Micro Bus dengan Jurusan Banjarnegara – Batur lalu turun di Pasar Batur, setelah itu Anda naik lagi menggunakan Micro Bus dengan jurusan Batur – Dieng – Wonosobo dan turun di Dieng, atau Anda juga bisa langsung turun di Terminal Wonosobo kemudian melanjutkan lagi perjalanan dengan menggunakan Micro Bus dengan jurusan Wonosobo – Dieng – Batur lalu turun di Dieng.

Setiap Armada bus memiliki tarif yang berbeda - beda, dimana tarif ini tentunya disesuaikan dengan kelas serta beberapa fasilitas yang disediakan.

2. Jalur Kereta Api

Untuk jalur transportasi kereta Api, Anda bisa menuju ke stasiun Gambir, Senen atau Stasiun Jakarta Kota. Namun jika Anda ingin menggunakan kereta Api dengan tarif yang sangat murah dan perjalanannya cepat, maka disarankan untuk menuju ke stasiun Senen, dimana melalui statsiun ini Anda bisa menggunakan kereta Kutojaya, Progo, Krakatau atau kereta ekonomi lainnya, untuk menuju dan turun di stasiun Purwokerto. Jika sudah sampai di stasiun purwokerto, kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju terminal Purwokerto dengan menggunakan angkot B2 warna orange.

Untuk perjalanan selanjutnya, dari terminal Purwokerto Anda bisa naik lagi menggunakan Micro Bus dengan Jurusan Banjarnegara lalu turun di terminal Banjarnegara. Setelah sampai di terminal Banjarnegara, kemudian melanjutkan perjalanan lagi dengan menggunakan Micro Bus dengan Jurusan Banjarnegara – Batur dan turun di Pasar Batur. Setelah itu Anda bisa naik lagi menggunakan Micro Bus dengan jurusan Batur – Dieng – Wonosobo lalu turun di Dieng. Atau juga bisa naik Bus 3/4 jurusan Wonosobo dan sesampainya di terminal Wonosobo kemudian melanjutkan lagi perjalanan dengan menggunakan Micro Bus dengan jurusan Wonosobo – Dieng – Batur dan turun di Dieng.

Transportasi Udara

1. Pesawat Terbang

  • Apabila Anda ingin ke Dieng dengan menggunakan jalur udara, Anda bisa menggunakan transportasi pesawat terbang melalui Bandara Internasional Soekarno – Hatta dengan tujuan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta ataupun juga bisa dengan tujuan Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang. Jika Anda mengambil tujuan Yogyakarta dan telah sampai di bandara Yogyakarta maka Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum dari Bandara ke terminal Jombor, atau bisa juga menuju ke terminal Giwangan. Setelah sampai di terminal, untuk perjalanan selanjutnya bisa menggunakan bus dengan jurusan Wonosobo. Setelah sampai di Wonosobo, maka perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Micro Bus dengan Jurusan Wonosobo - Dieng - Batur dengan jarak tempuh sekitar 1 jam lalu turun di Dieng.
  • Apabila Anda mengambil tujuan Semarang dan setibanya di Bandara Semarang, selanjutnya dari bandara Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum menuju ke terminal bus, kemudian dari terminal bus Anda bisa naik bus dengan jurusan Wonosobo atau jurusan Purwokerto dan turun di Wonosobo. Setibanya di Wonosobo dilanjutkan dengan naik Micro Bus Jurusan Wonosobo - Dieng - Batur dan Turun di Dieng.
 Share & Komentar

 Artikel lainnya