Ini Dia Tempat Yang Wajib Dikunjungi Sepanjang Jalur Mudik

Ini Dia Tempat Yang Wajib Dikunjungi Sepanjang Jalur Mudik

Fenomena mudik telah menjadi peristiwa budaya dan keagamaan yang sangat semarak. Tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar, misalnya menjelang Lebaran. Tujuan dari mudik sendiri adalah bersilaturahmi, bertemu keluarga besar dan kawan lama yang telah lama tidak berjumpa. Oleh karena itu, perjalanan mudik ini harus dipersiapkan dengan baik agar saat tiba di tempat tujuan, kita tetap dalam keadaan sehat. Nah, bagi anda yang telah melakukan perjalanan darat yang panjang dan lama, tentunya anda juga perlu istirahat untuk melepas lelah. Disini ada beberapa tempat menarik yang wajib anda kunjungi di sepanjang jalur mudik.

Banten dan Jawa Barat

  • Wisata Pantai Carita di Banten
    Pantai Carita memadukan hamparan pasir putih kecoklatan sepanjang 3 kilometer yang landai dengan tetumbuhan khas pantai. Anda dapat bermain jetsky, banana boat, diving, surfing, snorkeling atau sekedar berenang dan bermain pasir. Kondisi ombak Pantai Carita terbilang tidak terlalu besar sehingga memungkinkan untuk berenang, bermain pasir, bodyboard, volley pantai, berperahu, memancing, ataupun hanya duduk sambil melihat pesona burung pantai dan temaram tenggelamnya Matahari. Selain itu para wisatawan dapat menyewa penginapan atau Hotel yang berlokasi di sepanjang pantai Carita, yang menghadap ke laut pantai Carita, sehingga pengunjung dapat menikmati indahnya sunset di senja hari
  • Pantai Cimaja Sukabumi
    Banyak para Surfer mancanegara yang datang ke Pantai ini. Di tempat ini juga seing diadakannya event surfing ingkat nasional dan pro. Hal ini bukan hanya membangkitkan gairah wisatawan untuk menikmati indahnya berselancar di Pantai Cimaja ini. Para Pengelola wisata di tempat ini pun mendapatkan rejeki nomplok dengan adanya para wisatawan yang datang ataupun para peserta yang menginap di sekitar berlangsungnya lomba. Hal ini terbukti dengan penuhnya beberapa hotel di sekitar Pantai Cimaja.Panorama pantai yang indah dan ombak yang besar membuat pantai ini menjadi tempat favorit bagi para peselancar.

Jawa Tengah

  • Dieng Plateau
    Kawasan dataran tinggi Dieng merupakan salah satu kawasan pariwisata andalan kabupaten Wonosobo. Obyek wisatanya bukan semata dataran tinggi itu sendiri, namun di area itu terdapat berbagai obyek wisata berupa obyek-obyek wisata alam dan budaya berupa paninggalan masa lampau.
  • Istana Kasunanan Surakarta
    Keraton Surakarta memiliki sejumlah koleksi pusaka kerajaan diantaranya berupa singgasana raja, perangkat musik gamelan dan koleksi senjata. Di antara koleksi gamelan adalah Kyai Guntursari dan Kyai Gunturmadu yang hanya dimainkan/dibunyikan pada saat upacara Sekaten. Selain memiliki pusaka keraton Surakarta juga memiliki tari-tarian khas yang hanya dipentaskan pada upacara-upacara tertentu. Sebagai contoh tarian sakral adalah Bedaya Ketawang yang dipentaskan pada saat pemahkotaan raja.
  • Museum Batik Danar Hadi
    Museum ini menyimpan koleksi kain batik yang mencapai 10,000 helai dan diakui oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak. Kain batik yang dipajang di museum ini berasal dari periode dan pengaruh kultur serta lingkungan yang berbeda-beda. Salah satu koleksi terpenting di museum ini adalah koleksi batik belanda, yaitu batik yang dipengaruhi oleh budaya Eropa dan dibuat oleh orang-orang Belanda yang menetap di Indonesia pada zaman kolonial.

Jawa Timur

  • Obyek Wisata Tretes Prigen
    Tretes adalah sebuah desa di kecamatan Prigen, Pasuruan, provinsi Jawa Timur. Letaknya di lereng Gunung Welirang. Kata Tretes berasal dari kata air yang menetes berbunyi tes tes tes, hal ini bisa kita lihat dengan adanya sebuah air sumber yang menetes di celah – celah dinding batu di daerah Dong Biru (sebelum memasuki tempat wisata Kakek Bodo dari arah Surabaya terletak di sebelah kanan jalan). Sejak dahulu Tretes dikenal sebagai tempat peristirahatan dikarenakan hawa udaranya yang sejuk, itu sebabnya banyak bangunan villa peninggalan Belanda di daerah ini, Biasanya berbentuk rumah kayu bergaya Eropa.
  • Situs Trowulan dari Kerajaan Majapahit
    Satu-satunya situs kota di Indonesia yang luasnya mencapai 11 x 9 km 99 km² dan menyimpan ratusan ribu peninggalan arkeologis, baik yang sudah ditemukan maupun yang masih terkubur. Berwisata ke tempat ini bukan sekedar liburan, namun Anda juga bisa menapaki sejarah besar dari sebuah kerajaan yang menjadi inspirasi Bangsa Indonesia tentang "Persatuan Nusantara". Selain itu Anda akan mengetahui bagaimana tingkat peradaban di Trowulan di masa Majapahit, mulai dari sistem pemerintahan, perdagangan, hubungan luar negeri, teknologi, arsitektur, pertanian, hingga seni kerajinan.
 Share & Komentar

 Artikel lainnya