Doa Dijauhkan Dari Masalah Agar Dimudahkan Dalam Segala Urusan

Doa Dijauhkan Dari Masalah Agar Dimudahkan Dalam Segala Urusan

Setiap Manusia di dunia ini pasti memiliki berbagai urusan, baik itu urusan dalam rumah tangga, urusan pekerjaan, urusan di sekolah, dan masih banyak lagi urusan lainnya yang harus diselesaikan. Namun dari semua urusan tersebut bisa saja suatu saat tak luput dari yang namanya sebuah masalah.

Sebagai umat yang beriman, suatu urusan haruslah diselesaikan dengan kesabaran dan kejujuran, apabila urusan tersebut tidak diselesaikan secara jujur, maka tentunya suatu saat nanti akan menjadi sebuah masalah.

Allah SWT Berfiman :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ لِلّٰهِ شُهَدَاۤءَ بِالْقِسْطِۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ عَلٰٓى اَلَّا تَعْدِلُوْا ۗاِعْدِلُوْاۗ هُوَ اَقْرَبُ لِلتَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ
yā ayyuhallażīna āmanụ kụnụ qawwāmīna lillāhi syuhadā`a bil-qisṭi wa lā yajrimannakum syana`ānu qaumin 'alā allā ta'dilụ, i'dilụ, huwa aqrabu lit-taqwā wattaqullāh, innallāha khabīrum bimā ta'malụn
Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Ma'idah 5:8)

Ayat di atas menjelaskan agar segala pekerjaan / urusan dikerjakan dengan cermat, ikhlas dan jujur karena Allah SWT.

Doa Agar Dimudahkan Dalam Segala Urusan

Berikut adalah doa agar kita sebagai umat yang beriman selalu dimudahkan dalam segala urusan dan dijauhkan dari berbagai masalah.

1. Surah Al-Fatihah Ayat 5

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ
iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. (QS. Al-Fatihah 1:5)

2. Surah Al-Anfal Ayat 40

وَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَوْلٰىكُمْ ۗنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ ۔
wa in tawallau fa'lamū annallāha maulākum, ni'mal-maulā wa ni'man-naṣīr
Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. (QS. Al-Anfal 8:40)

3. Surah Al-Kahf Ayat 10

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا
iż awal-fityatu ilal-kahfi fa qālụ rabbanā ātinā mil ladungka raḥmataw wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā
(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (QS. Al-Kahf 18:10)

Seberat apapun urusan yang kita hadapi, selesaikan semuanya dengan tenang, sabar, dan selalu berdoa untuk meminta pertolongan Allah agar dimudahkan dalam segala urusan di dunia ini.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya