7 Manfaat Luar Biasa Jika Mengamalkan Ayat Kursi

7 Manfaat Luar Biasa Jika Mengamalkan Ayat Kursi

Ayat Kursi terletak pada surah Al-Baqarah ayat 255, dimana surah ini menjelaskan tentang kursi Allah yang mencakup langit dan bumi. Allah tidak merasa berat sedikit pun dalam memelihara makhluk-Nya yang berada di langit dan di bumi, dan di semua alam ciptaan-Nya. Allah Mahatinggi lagi Mahabesar. Mereka tidak mengetahui ilmu Allah, kecuali apa yang telah dikehendaki-Nya untuk mereka ketahui.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm
Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar. (QS. Al-Baqarah 2:255)

Ayat Kursi diturunkan pada suatu malam setelah nabi Muhammad SAW hijrah dari kota Mekah ke kota Madinah. Menurut riwayat, ketika ayat Kursi ini diturunkan, diiringi oleh beribu-ribu malaikat, karena ayat ini adalah ayat yang paling mulia di dalam Al-Quran.

Keistimewaan Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi dapat dibaca setiap waktu, baik di pagi hari maupun di malam hari, baik sebelum sholat maupun sesudah sholat. Adapun keistimewaan dan manfaat mengamalkan ayat Kursi ini adalah sebagai berikut :

  1. Menjauhi kita dari setan.
  2. Mendapatkan nikmat yang luar biasa, seperti memudahkan kita untuk mendapatkan rezeki.
  3. Melindungi dari segala bahaya, seperti musibah yang suatu saat bisa datang kapan pun.
  4. Membaca ayat Kursi secara sungguh-sungguh dapat menjadikan kita selalu berpikir positif.
  5. Sebagai manusia yang diberi nafsu dan perasaan, kita pastinya mudah merasa emosi terhadap banyak hal, maka dengan membaca ayat Kursi ini dapat memberi ketenangan dalam diri kita.
  6. Malaikat akan menjaga kita selama kita tertidur, serta memberi rasa nyenyak dan menghindarkan dari mimpi buruk.
  7. Melindungi rumah kita dari segala macam bentuk kejahatan, baik dari setan maupun niat jahat orang lain.

Dari penjelesan di atas, membaca ayat Kursi sangat bermanfaat bagi manusia, karena ayat tersebut mengandung banyak arti dan maknanya. Selain itu ayat Kursi juga sebagai amalan baik bagi kita umat manusia agar lebih dekat dengan sang Maha Pencipta.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya