Tentang Virus Corona, Ciri-Ciri dan Cara Mencegahnya

Tentang Virus Corona, Ciri-Ciri dan Cara Mencegahnya

Dunia tengah dihebohkan dengan kehadiran virus berbahaya yang penyebarannya bermula dari Wuhan, China. Hingga saat ini, wabah penyakit 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau biasa disebut juga sebagai Virus Corona telah menyebar hingga ke berbagai negara. Kasus ini diduga bermula dari hewan liar yang dijual bebas di salah satu pasar seafood di kota Wuhan, China.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Johns Hopkins University, bahwa hingga saat ini telah tercatat lebih dari 500.000 orang telah meninggal dunia. Selain itu juga tercatat secara global bahwa virus mematikan ini telah menginfeksi sudah lebih dari 10 juta orang.

Baca Juga :

Tanpa disadari, virus mematikan ini telah menginfeksi beberapa masyarakat Indonesia yang terbagi di beberapa penjuru kota. Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk pencegahan supaya virus berbahaya ini tidak terus berkembang dan menyebar luas ke seluruh wilayah Indonesia. Karena penyebaran virus mematikan ini bisa dibilang cukup mudah dan cepat menular kesiapa saja, kita tidak boleh panik dalam menghadapi kasus ini. Yuk, kenali ciri-ciri virus corona dan cara mencegahnya supaya kita tetap dapat terhindar tanpa menimbulkan kepanikan.

Ciri - Ciri Virus Corona Serta Perbedaan Antara Influenza dan Flu Biasa

Seseorang yang telah terinveksi oleh virus corona menunjukan beberapa gejala, namun gejala virus ini mirip dengan flu pada umumnya. Berikut adalah ciri-ciri virus corona yang kerap dijumpai pada pasien yang tengah dirawat di beberapa rumah sakit di China:

No
Gejala Klinis
Virus Corona
Influenza
Flu Biasa
1
Demam
 
2
Batuk-batuk
3
Hidung Meler
 
 
4
Hidung Tersumbat
   
5
Bersin-bersin
 
6
Tenggorokan Sakit
   
7
Tenggorokan Tidak Nyaman
   
8
Pernapasan Cepat Tidak Normal
   
9
Dahak Kental (kuning kehijauan)
   
10
Muntah-muntah
 
 
11
Diare
 
 
12
Anggota Tubuh Lemas
   
13
Nyeri Otot / Sendi
 
 
14
Sinar-X pada Paru
   

Selain menunjukan ciri-ciri diatas, ternyata ada beberapa pasien di China tercatat tidak menunjukan adanya gejala tersebut, namun setelah diperiksa pasien tersebut dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Jika Anda menjumpai seseorang yang menunjukan salah satu maupun beberapa dari ke enam gejala tersebut, sebaiknya Anda menghindari kontak langsung untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan. Namun jika Anda sendiri yang mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter supaya dapat penanganan lebih dini.

Cara Mencegah Virus Corona

Meskipun wabah virus corona dapat menyebar dengan cepat, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya. Hal-hal mengenai Cara Mencegah Virus Corona sedini mungkin, dapat Anda baca di Artikel sebelumnya yang kami beri judul "Cegah Virus Corona Dengan 9 Cara Ini".

Demikian ulasan kami tentang virus corona ini semoga informasi penting ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Mari kita sama-sama berdoa semoga kasus ini dapat dengan cepat teratasi dan jangan sampai mewabah ke Indonesia terutama ke lingkungan disekitar kita. Aamiin.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya