Cegah Virus Corona Dengan 9 Cara Ini

Cegah Virus Corona Dengan 9 Cara Ini

Dewasa ini sedang marak diperbincangkan adanya virus berbahaya yang sedang mewabah negeri tirai bambu tepatnya di kota Wuhan, China. Virus tersebut merupakan virus jenis baru bernama Virus Corona. Virus korona dipastikan menjadi salah satu virus paling berbahaya yang dapat mengancam seluruh warga dunia. Untuk menangkal virus Corona bersarang ditubuh, kita dapat melakukan pencegahan dengan beberapa hal berikut:

Selalu Menjaga Kebersihan Tangan

Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun setelah Anda beraktivitas, terutama setelah beraktivitas di area umum seperti taman, pasar, supermarket maupun area umum lainnya.

Baca Juga :

Tangan adalah organ tubuh terpenting yang selalu digunakan untuk mengolah maupun mengonsumsi makanan, sehingga kebersihannya harus selalu terjaga untuk mencegah berbagai bibit penyakit masuk ke dalam tubuh.

Konsumsi Gizi Seimbang

Perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang terutama buah buahan dan sayuran. Buah dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Hindari Mengkonsumsi Makanan Mentah

Hindari mengonsumsi makanan mentah supaya terhindar dari berbagai bakteri dan virus. Konsumsilah makanan yang telah dimasak dengan sempurna, karena makanan mentah mudah terkontaminasi oleh berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit, terutama untuk jenis makanan seperti Daging, Telur, dan Ikan.

Rajin Berolah Raga

Mulailah untuk membiasakan pola hidup sehat dengan rajin berolah raga. Olah raga yang rutin dilakukan minimal 30 menit setiap hari, disinyalir dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga virus dan bakteri penyebab berbagai jenis penyakit tidak mudah menginfeksi tubuh. Salah satu olah raga murah dan mudah yang dapat Anda lakukan adalah berjalan kaki.

Istirahat Yang Cukup

Beristirahatlah dengan cukup supaya imunitas dalam tubuh Anda tetap terjaga. Pada mumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur dengan rentang waktu antara 7 hingga 8 jam, sedangkan untuk remaja membutuhkan waktu tidur dengan rentang waktu antara 9 hingga 10 jam.

Minum Cukup Air Mineral & Konsumsi Vitamin

Konsumsilah air mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Idealnya manusia membutuhkan cairan yang mengandung mineral sesuai dengan usianya. Misalnya, anak-anak dengan usia 5-13 tahun pada dasarnya membutuhkan minum air mineral dengan kisaran antara 5-8 gelas sehari, sedangkan untuk orang dewasa, pada dasarnya membutuhkan minum air mineral dengan kisaran antara 10-15 gelas sehari.

Selain mengonsumsi air mineral yang cukup, Anda juga butuh Vitamin tambahan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin tambahan dapat menjadi pilihan untuk melengkapi kebutuhan gizi dalam tubuh apabila Anda memiliki pola makan yang kurang bernutrisi, seperti mengkonsumsi makanan dan minuman instan. Perhatikan kandungan yang terdapat pada suplemen (Vitamin Tambahan) tersebut supaya bermanfaat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Kandungan Echinacea, Morinda citrifolia, Phylantus, vitamin B6, C, dan E dipercaya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Gunakan Masker / Penutup Mulut dan Hidung

Cegah penyebaran virus dan bakteri dengan menggunakan Masker. Gunakan masker / penutup mulut dan hidung untuk mencegah penyebaran virus melalui udara yang kita hirup. Masker dapat Anda kenakan saat Anda beraktivitas di area umum karena kita tidak akan mengetahui jika salah satu atau beberapa orang yang berada disekitar kita sedang terinveksi virus, untuk itulah kita perlu mengenakan masker sebagai upaya pencegahan terhadap penularan virus melalui udara.

Hindari Kontak Langsung Dengan Binatang

Untuk Anda yang memiliki kebiasaan berinteraksi dan kontak langsung dengan binatang, alangkah baiknya mulai saat ini hindari kebiasaan tersebut. Binatang yang tidak rutin dibersihkan dan diperiksa kesehatannya disinyalir mudah terinfeksi virus dan bakteri bibit penyakit, untuk itu hindarilah berinteraksi maupun kontak langsung dengan mereka supaya kesehatan dalam diri Anda tetap terjaga. Kecuali jika Anda yakin dan tau persis kondisi kebersihan dan kesehatan binatang yang hendak Anda sentuh.

Rutin Cek Kesehatan Ke Dokter

Jika Anda merasa gejala-gejala seperti Flu, Batuk, Demam dan Sesak Nafas segeralah berkunjung ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut supaya keluhan Anda tidak semakin parah.

Itulah 9 cara menangkal Virus Corona yang dapat Anda terapkan supaya terhindar dari serangan virus berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Biasakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat demi kesehatan diri dan keluarga Anda. Happy Healty..

 Share & Komentar

 Artikel lainnya