Manfaat Buah Berdasarkan Warnanya

Manfaat Buah Berdasarkan Warnanya

Anda menyukai buah? buah manakah yang menjadi favorit Anda? Sebagai penyuka buah-buahan tentunya Anda ingin mengetahui manfaat buah yang selama ini Anda konsumsi. Selain memiliki manfaat yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya, ternyata buah juga memiliki manfaat yang berbeda berdasarkan jenis warnanya. Berikut adalah manfaat apa saja yang dimiliki buah berdasarkan warna yang dimilikinya.

4 Jenis Buah Berdasarkan Warna dan Manfaatnya

Daftar Isi :

  1. Manfaat Buah Berwarna Hijau
  2. Manfaat Buah Berwarna Orange / Kuning
  3. Manfaat Buah Berwarna Merah
  4. Manfaat Buah Berwarna Biru dan Ungu

Manfaat Buah Berwarna Hijau

Warna hijau yang terdapat pada buah, dihasilkan oleh zat klorofil yang bekerja aktif dalam buah tersebut, sehingga berakibat memberikan warna kehijauan pada kulit maupun sebagian isi buah. Zat Klorofil yang terkandung pada buah
berwarna hijau, memberi manfaat untuk membantu proses pembentukan sel darah merah sehingga mampu mencegah anemia, mempercepat proses penyembuhan luka, serta melancarkan proses detoksifikasi tubuh.

Manfaat lain yang terkandung pada buah berwarna hijau adalah membantu mencegah tumbuhnya kanker dalam tubuh yang dihasilkan oleh kandungan zat indoles, karatenoid dan saponin dalam buah.

Jenis buah berwarna Hijau :

  1. Kiwi
  2. Apel Hijau
  3. Melon
  4. Alpukat
  5. Jambu Biji
  6. Anggur Hijau
  7. Pir Hijau, dll

Manfaat Buah Berwarna Orange/Kuning

Buah yang memiliki warna orenge / kuning sangat baik jika dikonsumsi rutin setiap hari, pasalnya buah ini memiliki kandungan Beta-karoten yang menjadi penyebab timbulnya Vitamin A yang diserap oleh tubuh setelah terjadinya proses pencernaan dalam tubuh. Vitamin A yang dihasilkan oleh buah berwarna orenge / kuning memberi manfaat untuk kesehatan Kulit, Gigi dan Tulang.

Buah berwarna orenge / kuning juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena, kandungan pada buah
tersebut terdapat vitamin B Kompleks atau yang biasa disebut dengan Folat. vitamin B Kompleks yang terkandung didalamnya, akan membantu pertumbuhan janin dan mencegah terjadinya cacat fisik pada janin.

Jenis buah berwarna orange / kuning :

  1. Jeruk
  2. Pisang
  3. Mangga
  4. Nanas
  5. Aprikot, dll 

Manfaat Buah Berwarna Merah

Kandungan yang terdapat pada aneka buah berwarna merah memiliki segudang manfaat yang baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain kemampuannya untuk menjaga kesehatan tubuh, buah berwarna merah juga mampu mengobati berbagai penyakit dalam tubuh. Buah berwarna merah kaya akan vitamin C, folat, potasium, flavanoid, resveratrol, antosianin, Vitamin A dan B. Selain bermanfaat untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kolestrol jahat, buah warna merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati, menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Jenis buah berwarna merah :

  1. Strowberi
  2. Ceri
  3. Semangka
  4. Delima
  5. Apel merah, dll 

Manfaat Buah Berwarna Biru dan Ungu

Dibalik warnanya yang cantik, buah berwarna biru dan ungu mengandung zat Anthocyanin yang merupakan antioksidan dengan kandungan antiinflamasi dan antikarsinogenik. Antioksidan yang terkandung pada buah berwarna biru dan ungu bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, obesitas, dan diabetes. Sedangkan resveratrol yang terkandung didalamnya, memiliki unsur anti-penuaan dan bersifat mencegah datangnya penyakit.

Jenis buah berwarna biru dan ungu :

  1. Bluberi
  2. Anggur
  3. Plum
  4. Delima, dll

Selain memiliki manfaat yang telah disebutkan diatas, buah masih memiliki berjuta manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh Anda. Sudahkah Anda mengonsumsi buah setiap hari? Mari budayakan hidup sehat dengan mengonsumsi buah setiap hari dimulai dari sekarang!

 Share & Komentar

 Artikel lainnya