Khasiat dan Kandungan Nutrisi Buah Aprikot Untuk Kesehatan

Khasiat dan Kandungan Nutrisi Buah Aprikot Untuk Kesehatan

Buah Aprikot memiliki ciri khas kulitnya yang berwarna keemasan serta tekstur daging buahnya yang padat. Jika buah ini sudah matang, maka buah ini bisa dimakan langsung dalam keadaan segar ataupun juga bisa dibuat untuk olahan minuman lainnya seperti jus.

Buah Aprikot dikenal dengan nama ilmiah Prunus Armenia, berkaitan erat dengan buah plum, buah ini hampir mirip dengan buah apel, tapi buah ini memiliki tesktur biji buah yang lembut dan berbentuk almond, jika biji dari buah ini dicicipi maka akan terasa pahit.

Asal muasal buah ini sebenarnya masih belum pasti, namun banyak yang mengatakan bahwa kemungkinan besar buah ini berasal dari sebelah utara dan barat daratan Cina dan Asia Tengah, kemungkinan juga buah ini berasal dari Jepang atau Korea

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah Aprikot ternyata juga sangat baik untuk kesehatan, karena buah ini sangat kaya akan kandungan nutrisinya yang mengandung serat, vitamin A, antioksidan, dll.

Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat di dalam buah Aprikot serta berbagai macam manfaat untuk kesehatan :

Zat Antioksidan

Zat antioksidan yang terdapat di buah aprikot sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh, polusi udara, serta ekspos matahari yang berlebihan.

Vitamin A dan C

Kandungan vitamin yang terdapat di buah ini memiliki peranan atau manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya, seperti menjaga kesehatan mata. Selain memiliki manfaat bagi kesehatan mata, vitamin yang terkandung di dalam buah ini juga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut memiliki peranan untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh melalui sistem pernapasan dan lainnya.

Serat

Manfaat mengkonsumsi buah Aprikot juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Selain untuk pencernaan, kandungan serat juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolestrol jahat yang merupakan biang keladi penyakit penyumbatan pembuluh darah (kardiovaskular).

kalsium Tinggi

Kalsium adalah salah satu nutrisi utama yang sangat baik bagi tubuh untuk keperluan pertumbuhan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis. Selain untuk kesehatan tulang, kalsium juga dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi enzim yang nantinya akan mengubah makanan menjadi energi.

Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit, seperti anemia, cepat lelah, menurunkan tenaga dan produktifitas kerja. Namun jika Anda mengkonsumsi buah ini, maka manfaatnya sangat banyak, karena kandungan zat besi ini memiliki peran utama untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil serta sebagai bagian penting metabolisme energi dalam tubuh manusia.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya