Kuliner Cirebonan yang Khas, Komplit dan Ngangenin

Kuliner Cirebonan yang Khas, Komplit dan Ngangenin

Berbicara tentang Cirebon, tentunya tak terlepas dari makanan tradisional yang wajib dicicipi bagi para pecinta kuliner. Cirebon merupakan salah satu kota di Indonesia yang terletak di Jawa Barat yang terkenal dengan surganya makanan enak dan terdapat berbagai macam varian kuliner yang komplit. Berikut adalah beberapa makanan khas Cirebon :

Empal Gentong

Empal gentong
Foto Empal Gentong

Makanan berkuah ini sejenis gulai bisa menggunakan daging sapi atau kambing. Makanan ini disebut Empal gentong karena penjual makanan ini menggunakan gentong sebagai tempat kuahnya dan biasanya menggunakan lontong atau nasi sebagai sumber karbohidratnya. Empal gentong ini akan lebih sedap jika ditambahkan daun kucai (sejenis rumput penyedap), bawang goreng, dan sambal cabe kering. Di sekitar wilayah Cirebon hampir bisa dijumpai pedagang empal gentong, salah satu pedagang empal gentong yang terkenal saat ini adalah Rumah Makan Empal Asem Amarta.

Nasi Lengko

Nasi Lengko
Foto Nasi Lengko

Nasi lengko adalah makanan yang sangat sederhana terdiri dari nasi, irisan timun, toge/kecambah, potongan tempe goreng, potongan tahu goreng, daun kucai (sejenis rumput penyedap), bumbu kacang, kecap, bawang goreng, dan sambal tentunya. Nasi Lengko di kota Cirebon yang terkenal adalah Nasi Lengko Pagongan H. Barno, biasanya disantai dengan sate kambing muda.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot
Foto Tahu Gejrot

Makanan ini disajikan dalam mangkuk tembikar dengan bumbu, ulekan bawang merah, cabe rawit, gula merah, dan kecap cair. Setelah tahu dipotong-potong di dalam mangkuk tembikar lalu disiramkan kuah kecap cair beserta bumbu tadi. Tahu gejrot dapat dijumpai di seluruh wilayah kota Cirebon.

Nasi Langgi

Nasi Langgi
Foto Nasi Langgi

Makanan ini biasanya dijadikan sarapan pagi bagi masyarakat Cirebon. Nasi langgi terdiri dari nasi, dendeng gepuk, serundeng, daun kemangi, irisan telur dadar, emping, abon sapi, dan sambal tentunya.

Bubur Cecek

Bubur Cecek
Foto Bubur Cecek

Sama seperti nasi langgi, bubur cecek biasanya dijadikan sarapan pagi masyarakat Cirebon. Bubur cecek terdiri dari bubur nasi, cecek/krecek dimasak dengan santan, kerupuk, bawang goreng, dan sambal tentunya. Sementara ada penjual yang menambahkan urap di atasnya sebagai pelengkap.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang
Foto Nasi Jamblang

Makanan yang tersaji secara prasmanan ini sangat murah meriah. Nasi putih sebesar genggaman tangan disajikan dalam balutan daun jati dengan lauk lengkap yang tersedia di meja seperti tempe goreng, sambal goreng, ikan asin, telur dadar, tahu sayur, dendeng kuah kental, paru goreng, dan sebagainya tergantung yang disajikan oleh penjual. Nasi jamblang dapat ditemui di wilayah Cirebon dari pagi hingga malam hari. Beberapa pedagang nasi Jamblang yang terkenal saat ini adalah nasi jamblang Mang Dul dan nasi jamblang Ibu Nur.

Mie Koclok

Mie Koclok
Foto Mie Koclok

Mie Koclok adalah salah satu makanan legendaris khas Cirebon yang sangat luar biasa nikmatnya karena berkuah santan. Selain berkuah santan, mie koclok khas Cirebon ini berisi suwiran ayam, telur ayam, daun bawang, bawang goreng, dan sambal tentunya.

Sate Kalong

Sate kalong
Foto Sate Kalong

Sate ini terbuat dari daging kerbau terdiri dari 2 varian yaitu : manis dan gurih/asin. Yang manis, menggunakan daging kerbau dan diberikan bumbu kacang yang manis. Sedang yang gurih/asin, menggunakan kulit kerbau dan disiram bumbu kacang dan kuah berasa gurih/asin.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya