7 Macam Jenis Plastik Yang Perlu Anda Ketahui

 Senin, 1 Juni 2015 14:24 WIB

7 Macam Jenis Plastik Yang Perlu Anda Ketahui

Plastik merupakan material yang baru secara luas dikembangkan dan digunakan sejak abad ke-20 yang berkembang secara luar biasa penggunaannya dari hanya beberapa ratus ton pada tahun 1930-an, menjadi 150 juta ton/tahun pada tahun 1990-an dan 220 juta ton/tahun pada tahun 2005.

Plastik didesain dengan variasi yang sangat banyak dalam properti yang dapat menoleransi panas, keras, "reliency" dan lain-lain. Digabungkan dengan kemampuan adaptasinya, komposisi yang umum dan beratnya yang ringan memastikan plastik digunakan hampir di seluruh bidang industri.

Berikut adalah 7 macam jenis plastik

1. PET (polyethylene Terephthalate)

Jenis plastik yang satu ini diberi kode segitiga, dan di dalamnya diberi angka 1. Jenis plastik ini mudah peot pada suhu 80 derajat keatas. Jenis plastik yang seperti ini biasanya digunakan untuk mengemas minuman dan botol minyak goreng dan pembungkus kecap dan saos. Jadi botol kecap yang sekarang digunakan adalah jenis plastic PET alias polyethylene Terephthalate.

2. HDPE (High Density Polyethylene)

Kalau kita lihat bungkus botol susu cair pada kemasannya terdapat logo segitiga dan di dalam segitiga terdapat angka nomor 2, itulah yang disebut dengan Jenis plastic HDPE. Plastik ini banyak digunakan sebagai pembungkus susu cair, dan juga banyak digunakan sebagai wadah es krim. Plastik jenis ini mudah peot pada suhu 75 derajat.

3. PVC (Polyvinyl Chloride)

Kuat, keras dan kokoh itulah predikat yang disandang oleh jenis plastik ini, jenis plastik ini banyak digunakan sebagai pipa air dan botol jus, jenis plastik ini akan peot jika terkena suhu 80 derajat, tapi jenis plastik ini juga bisa dibentuk dengan pelarut. Kode untuk plastik jenis PVC ini adalah segitiga yang didalamnya terdapat nomor 3.

4. LDPE (low density polyethelene)

Kode yang dipasang pada plastik jenis LDPE ini adalah sebuah segitiga dengan nomor 4 ditengahnya, plastik jenis LDPE ini banyak digunakan sebagai pembungkus telur mentah, pembungkus sayur di super market, dan sebagai pembungkus makanan yang dibekukan.

5. PP (Polypropelene)

Plastik jenis PP ini banyak digunakan untuk minuman yang dikemas dalam gelas, botol kecap. Bahan plastik PP ini mempunyai sifat lunak tapi kuat, jenis plastik ini akan meleleh jika diberi suhu 140 derajat. Logo dari plastik jenis ini adalah sebuah segitiga dengan angka nomor 5 didalamnya.

6. Polistiren

Jenis plastik ini bersifat kaku dan buram, kandungannya berbahaya jika terkontaminasi dengan makanan, jenis plastik polistiren ini mudah terpengaruh dengan zat pelarut dan sulit untuk diurai. Kebanyakan jenis plastik ini digunakan sebagai karton telu. Sedangkan kodenya adalah segitiga yang di tengahnya terdapat angka 6.

7. O (Other)

Logonya segitiga dengan huruf 7 didalamnya, jenis plastik ini banyak digunakan untuk gallon air.

 Artikel lainnya
 Share & Komentar