Manfaat Kandungan Timun Suri Untuk Kesehatan

 Kamis, 19 Maret 2015 12:43 WIB

Manfaat Kandungan Timun Suri Untuk Kesehatan

Tentu sudah bukan buah yang asing lagi bagi kita tentang timun suri. Timun yang satu ini memang biasa digunakan atau dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa. Timun suri berbeda dengan blewah bila blewah lebih menyerupai melon namun jika timun suri bentuknya lebih lonjong dan bertekstur sangat lembut. Seperti yang kita ketahui, timun suri dapat menyegarkan tubuh setelah berpuasa seharian. Ini disebabkan oleh kandungan kalium dan berbagai mineral lainnya yang terdapat di buah ini. Serat alami yang terkandung dalam buah ini dapat mencegah kita dari gangguan saluran pencernaan seperti sembelit.

Selain itu serat timun suri juga dapat mencegah berbagai jenis kanker khususnya di saluran pencernaan seperti kanker usus. Hal ini terjadi karena serat mengikat zat-zat karsinogen yang merupakan peyebab kanker. Namun Bagi anda yang menderita diabetes, anda juga harus berhati-hati karena kandungan gula pada timun suri cukup banyak sehingga bila dikonsumsi berlebih dapat menaikkan kadar gula dalam darah.

Kandungan dan manfaat timun suri

Timun Suri Mengandung glukosa dan fluktosa, kedua kandungan yang dimiliki timun suri adalah kandungan yang mudah larut di dalam tubuh dengan cepat. Dengan mengonsumsi timun suri, Anda akan mendapatkan tambahan energi.

1. Mengandung vitamin A

Ternyata timun suri juga memiliki kandungan vitamin A, manfaatnya pada tubuh yaitu baik bagi kesehatan mata. Selain itu, timun suri juga memiliki antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk mencegah penuaan dini. Mengandung senyawa saponin, senyawa saponin yang dimiliki timun suri dapat mencegah sakit kanker dan dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh kita.

Vitamin A menjaga kesehatan lapisan mata dan bahkan bisa mencegah katarak. Tak hanya itu, ternyata vitamin A juga bisa menguatkan sistem imunitas tubuh, melindungi tubuh dari serangan bakteri juga virus, membantu pembentukan gigi dan tulang, melawan radikal bebas, menyehatkan kulit, mencegah kangker, menghalau alzaimer dan masih banyak lagi lainnya. Dengan rutin mengkonsumsi timun suri, Anda secara tidak langsung telah membentengi diri Anda dari berbagai penyakit.

2. Mengandung vitamin C

Vitamin C ini sangat penting bagi tubuh kita, yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki sel tubuh, dan jaringan kulit yang rusak. Kandungan vitamin C yang dimiliki timun suri sangat tinggi.

3. Mengandung asam linoleat

Zat ini berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu mencerdaskan otak. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung, serta menurunkan lemak.

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Timun suri terdiri dari 90% air. Selain itu timun suri banyak mengandung vitamin juga mineral yang mampu mengikat racun. Dengan rutin mengkonsumsi buah timun suri, Anda akan merasakan efeknya yakni pembuangan racun melalui urin. Dengan demikian, tubuh Anda akan dinetralkan atau dengan kata lain didetoksifikasi dari racun yang bisa merusak tubuh.

5. Sumber energi yang mudah diserap tubuh

Manfaat timun suri lainnya adalah sebagai sumber energi yang nikmat dan tentu mudah dicerna oleh tubuh. Secara klinis, buah timun suri mengandung glukosa dan juga fluktosa. Kedua zat ini dikenal baik untuk tubuh dan merupakan sumber energi yang ramah dan mudah diolah. Karenanya, tidak heran jika banyak orang yang lebih nyaman berbuka puasa dengan timun suri sebab cepat memulihkan energi setelah seharian tidak mendapat asupan gizi.

 Artikel lainnya
 Share & Komentar