Acara Fenomena Unik Kulminasi Matahari di Pontianak

Acara Fenomena Unik Kulminasi Matahari di Pontianak

Kota Pontianak adalah ibu kota provinsi Kalimantan Barat. Kota ini juga dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis lintang nol derajat bumi. Di utara kota ini, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis lintang nol derajat bumi.

Telur Berdiri Tegak

Saat Kulminasi Matahari terjadi, biasanya ratusan pengunjung rela berada di tengah-tengah teriknya Matahari demi mengabadikan momen ini setiap dua tahun sekali yaitu 21-23 Maret dan 21-23 September. Keunikan fenomena alam ini menghasilkan gaya gravitasi yang cukup kuat sehingga bisa membuat telur berdiri tegak di titik nol derajat. Tentunya dengan keunikan fenomena ini sering dijadikan momen digelarnya serangkaian kegiatan budaya yang dipadukan dengan acara ilmu pengetahuan (Iptek). Salah satu kegiatan yang digelar adalah lomba mendirikan telur yang tepat dilakukan saat matahari dalam posisi tegak lurus di pusat titik equator. 

Telur Berdiri Tegak

Lomba ini sengaja mengikutsertakan siswa-siswi sekolah dan pengunjung supaya mereka tergerak untuk mempelajari ilmu sains dengan mencari tahu bagaimana fenomena telur-telur bisa berdiri tegak terutama di kawasan Tugu Khatulistiwa sebagai lokasi titik nol derajat.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya