Coklat, Rasanya Yang Enak dan Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Coklat, Rasanya Yang Enak dan Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak suka makanan manis yang satu ini. Makanan yang paling familiar dan digemari oleh kebanyakan orang karena rasanya yang enak. Ternyata dibalik rasanya yang enak, coklat memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah alasan makan coklat untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Menyehatkan Jantung

Joyce Hendley laporkan dalam EatingWell Magazine, sebuah studi besar dari Harvard yang diterbitkan pada tahun 2010 menemukan bahwa wanita yang makan satu atau dua ons coklat dalam seminggu memiliki risiko 32% lebih rendah atas gagal jantung dibandingkan dengan wanita yang tidak makan coklat.

Ada kemungkinan bahwa senyawa dalam coklat yang disebut flavanols membantu mengaktifkan enzim yang melepas nitrat oksida, yaitu zat yang membantu memperluas dan menenangkan pembuluh darah.

Nitrat oksida juga terlibat dalam menipiskan darah dan mengurangi kecenderungan penggumpalan darah, yang berpotensi akan risiko stroke. Tak hanya itu, beberapa kunci flavanols dalam coklat, catechin, dan epicatechin juga dikenal dapat menyehatkan jantung. Antioksidannya dapat membantu mencegah kolesterol dari ancaman yang lebih mematikan.

2. Mencegah Hipertensi

Coklat mengandung flavanol, sejenis flavanoid yang ditemukan pada coklat. Flavanoid adalah senyawa yang terbentuk secara alamiah dalam makanan nabati dan bertindak sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan flavonoid inilah yang berperan sebagai antioksidan yang bersifat menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

3. Menghilangkan Stress

Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego, Ternyata coklat juga mengandung molekul psikoaktif yang tentunya membuat pengkonsumsi coklat merasa nyaman. Beberapa kandungan coklat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

4. Untuk Kecantikan

Tidak heran bila saat ini berkembang lulur coklat yang sangat baik untuk kecantikan kulit, sudah banyak dibuktikan dengan banyaknya salon-salon kecantikan yang menggunakan coklat sebagai bahan utamanya. Antioksidan yang ada di dalamnya dapat mencegah penuaan dini, maka coklat dipercaya dapat memutihkan kulit, mencegah penuaan dini dan juga menghaluskan kulit.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya