Mengenal Sejarah Makanan Kerak Telor Yang Gurih Asli Jakarta

Mengenal Sejarah Makanan Kerak Telor Yang Gurih Asli Jakarta

Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

Sejarah Makanan Kerak Telor yang Gurih

Kerak Telor. Mendengar nama makanan ini tentunya kita semua pasti tahu kuliner khas jakarta yang tidak perlu di ragukan lagi cita rasa dan kelezatannya. Tentunya kamu pernah mecoba makanan khas yang satu ini. Kerak Telor ini biasanya menjadi makanan yang paling di cari para pengujung Jakarta Fair atau yang lebih kita kenal sekarang PRJ. Karena jarang bahkan sangat susah untuk kita jumpai makanan khas jakarta ini di hari-hari biasa.

Kerak Telor Khas Betawi

Kerak telor merupakan warisan masa lalu. Menurut sejarah Kerak Telor sudah ada pada zaman Belanda menjajah Indonesia pada waktu dulu. Saat itu kota yang bernama Jakarta masih banyak di tumbuhi pohon kelapa . Karena dahulu hasil kelapa sangat melimpah yang membuat Jakarta masa lalu bernama sunda kelapa. Buah kelapa yang pada saat itu sangat berlimpah sangat di manfaatkan oleh penduduk jakarta untuk membuat aneka masakan. Seperti Nasi Uduk, Soto Betawi, Kerak Telor dan makanan khas Jakarta lainnya. Tidak heran jika kuliner khas Jakarta begitu banyak mengandung santan.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya