7 Makanan Bermanfaat Untuk Kecerdasan Otak

 Minggu, 26 Oktober 2014 12:40 WIB

7 Makanan Bermanfaat Untuk Kecerdasan Otak

Konsumsi makanan kaya nutrisi, baik tubuh maupun otak memerlukan nutrisi berkualitas agar tetap berfungsi dengan baik. Berikut 7 makanan yang bagus untuk meningkatkan fungsi kecerdasan dan kesehatan otak secara keseluruhan :

1. Cokelat

Coklat sangat bergizi untuk otak. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang ditemukan hanya dalam dua atau tiga sendok makan bubuk coklat itu lebih kuat dari antioksidan yang ditemukan dalam makanan lain seperti teh hijau atau anggur merah. Antioksidan utama yang ditemukan di kakao, yang dikenal sebagai flavonol, penting untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak.

2. Ikan

Ikan termasuk makanan yang rendah lemak, tinggi protein dan merupakan sumber asam lemak omega 3 (lemak baik). Karena tubuh manusia jarang mendapatkan nutrisi penting ini dalam jumlah besar, maka ikan merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan juga rendah lemak ‘buruk’ atau disebut asam lemak omega-6, di mana kandungan ini sering ditemukan dalam daging merah. Berkat kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya, ikan dapat memberikan manfaat kesehatan pada jaringan otak.

3. Sayuran

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa luteolin yang ditemukan pada sayuran efektif memperlambat penurunan kognitif pada tikus tua. Dalam penelitian itu, tikus yang diberi makanan yang diperkaya luteolin, ternyata memiliki otak yang berfungsi sama dengan tikus-tikus yang lebih muda. Agar Anda bisa tetap meningkatkan ketajaman otak, konsumsilah seledri yang biasanya digunakan sebagai penyedap atau hiasan hidangan.

4. Kacang - Kacangan

Mencari camilan yang memiliki segala yang baik untuk otak? Adalah camilan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Seperti kacang, hazelnut, kacang mete, almond, walnut, pecan, biji tabu, biji bunga matahari dan jenis lain kacang atau benih yang bisa anda pikirkan, baik untuk otak anda. Kacang-kacangan dan biji-bijian penuh dengan Omega-3 dan Omega-6 fatty acid, serta folat, vitamin E dan vitamin B6. Semua nutrisi ini memungkinkan anda untuk berpikir lebih jernih. Mereka juga membantu anda berpikir lebih positif, karena Omega-3 dan Omega-6 fatty acid bekerja sebagai antidepresan alami. Beberapa biji-bijian dan kacang-kacangan juga penuh tiamin dan magnesium yang bagus untuk daya ingat dan fungsi kognitif otak.

5. Buah Berry

peneliti mengatakan bahwa hasil temuan telah menunjukkan bahwa beri mampu meningkatkan fungsi otak dan mengontrol pergerakan pada hewan. Selain itu, beberapa studi pada manusia juga telah menunjukkan bahwa suplementasi diet dengan buah beri dapat mengurangi peradangan pada manusia. Anggur dan blueberry juga telah terbukti memperbaiki fungsi otak pada orang dewasa dengan gangguan mental ringan.

6. Telur

Sebutir telur berukuran sedang mengandung sekitar 250 mg choline, senyawa penting yang dibutuhkan dalam perkembangan otak janin dalam kandungan. Ibu hamil yang mengkonsumsi 550 mg choline setiap hari akan melahirkan bayi dengan daya ingat yang lebih kuat.

7. Teh Hijau

Antioksidan dalam teh diketahui meningkatkan sambungan antar sel-sel otak. Selain itu studi lain menyebutkan asam amino dalam teh hijau yang bernama teanin juga merangsang aktivitas listrik otak untuk menghasilkan gelombang alfa pada otak. Akibatnya seseorang merasa lebih relaks.

Dalam studi yang dilakukan di Jerman ini, para partisipan studi diberikan minuman yang mengandung ekstrak teh hijau. Mereka kemudian diminta mengerjakan sejumlah tes memori.

Selama mengerjakan soal tersebut, aktivitas otak para partisipan dimonitor dengan pemindaian MRI untuk melihat sambungan parietal dan bagian depan otak. Ternyata memang ada peningkatan sambungan. Hal tersebut bisa menyebabkan daya ingat meningkat.

 Artikel lainnya
 Share & Komentar