Hari Batik Nasional, Jangan Lupa Pakai Batik

Hari Batik Nasional, Jangan Lupa Pakai Batik

Presiden mengingatkan, tahun 2009 UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan dunia. Melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009, Presiden SBY kemudian menjadikan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Pada tanggal ini beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Proses yang ditempuh oleh pemerintah Indonesia terbilang cukup lama untuk mendapat pengakuan refresentatif dari UNESCO soal Batik. Diawali dengan proses nominasi Batik Indonesia ke UNESCO, 3 September 2008, pemerintah Indonesia harus menunggu lebih dari 4 bulan. UNESCO akhirnya menerima secara resmi pada 9 Januari 2009 untuk diproses lebih lanjut.

Sebelumnya, prahara terjadi berkaitan tentang batik. Lagi, Malaysia menjadi momok menjengkelkan bagi Indonesia dalam hal pengklaiman kebudayaan. Namun, pemerintah Indonesia langsung bereaksi atas kejadian itu. Mereka segera mendaftarkan Batik ke dalam jajaran daftar representatif budaya tak benda warisan manusia ke UNESCO.

Berapa bulan setelah diterima UNESCO, tahap selanjutnya yang ditempuh dalam proses pengakuan Batik ialah pengujian tertutup di Paris. UNESCO menggelar pengujian selama 4 hari, 11-14 Mei 2009.

Hal yang ditunggu-tunggu pun tiba. Rabu, 2 Oktober 2009, jadi puncak penantian Indonesia. UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representative Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non bendawi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Pada saat menetapkan batik sebagai warisan dunia, ternyata Unesco juga menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik sedunia. Ini selayaknya membuat masyarakat Indonesia makin bangga mengenakan busana dengan bahan kain bergambar aneka motif lukisan dari cairan malam tersebut.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya