Festival Teluk Tomini 2014

Festival Teluk Tomini 2014

Festival Teluk Tomini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Nusantara 2014. Festival ini akan diselenggarakan 10-13 September 2014 di Teluk Tomini untuk mengangkat potensi wisata bawah laut Teluk Tomini sebagai destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain itu, gelaran ini juga diharapkan menciptakan peluang investasi yang kondusif diberbagai sektor khususnya kelautan dan perikanan. Pasalnya, Teluk Tomini memiliki potensi pengembangan sektor kemaritiman yang sangat besar.

Teluk yang berbatasan langsung sebelah utara dengan Semenanjung Minahasa dan sebelah timur berbatasan dengan Laut Maluku itu merupakan teluk terbesar di Indonesia dengan luas kurang lebih 6 juta hektar dengan potensi sumberdaya alam yang unik. Di kawasan ini diperkirakan terdapat terumbu karang sekira 1.031 Ha dan luas hutan Mangrove 785.10 Ha. Selain itu, teluk ini juga menjadi rumah untuk Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang menyimpan spesies endemik seperti tuna sirip kuning, anoa, babi rusa, maleo, dan spesies lainnya.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya