Ini Dia Tempat Wisata Kuliner di Bandung Yang Wajib Dicoba

Ini Dia Tempat Wisata Kuliner di Bandung Yang Wajib Dicoba

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner.

Nah, bagi anda yang warga kota Bandung, atau anda yang dari luar kota untuk jalan - jalan ke kota Bandung, tidak ada salahnya untuk mampir ke beberapa tempat kuliner berikut ini.

Gado-gado Tengku Angkasa

Penjual gado-gado ini sudah terkenal dan enak di kota Bandung, Sudah berjualan sejak 1967. Harga tidak terlalu mahal karena porsinya besar. Gado gadonya terdiri dari kentang, tahu, tauge, telur rebus, bawang goreng, irisan selada, bumbu kacang, dan kerupuk. Selain gado gado, disini juga ada nasi rames, pilihan lauknya juga cukup banyak. Untuk nasi ramesnya dan rasanya sama enaknya.

Alamat :
Jl. Tengku angkasa No. 37, Bandung

Lotek Kalipah Apo

Lotek adalah salah satu makanan sehat karena hanya berisi aneka sayuran seperti kacang panjang, kol, tauge, kangkung dan disertai bumbu kacang yang juga sehat, dimana bumbu kacangnya yang beraroma kencur dan bawang putih ini bisa juga ditambahkan dengan cabe rawit sehingga rasanya pedas.

Lotek Kalipah Apo merupakan salah satu tempat kuliner legenda di Bandung karena sudah ada dari lama dan masih eksis sampai sekarang. Tempatnya layak rumah makan biasa, tempatnya cukup besar dan sederhana, disediakan beberapa meja dan kursi juga untuk pembeli yang mau makan di tempat.

Alamat :
Jl. Kalipah Apo No. 42, Bandung

Ayam Pedhot

Sesuai namanya, yang membedakan rasa ayam ini adalah rasa pedas yang khas. Sambal langsung disiramkan di seluruh bagian ayam setelah dihidangkan di piring. Pedasnya sambal berasal dari cabai merah dan campuran rempah-rempah.

Selain ayam pedhot Anda juga bisa menikmati menu lain seperti ayam sauna, olahan udang, cumi, dan cemilan lain. Tentu dengan harga yang kompetitif untuk ukuran menu yang spesial semacam ini.

Alamat :
Jl. Geger kalong girang No. 121, Bandung

Ayam Cobek Langganan

Ruangannya cukup nyaman dan panjang. Kondisi ruangannya juga terlihat bersih serta rapi. Penampilan didepan restonya terlihat cukup cantik. Perlengkapan dan alat memasaknya disimpan didepan restonya. Pelayannya cukup baik dan ramah. Yang pasti makanannya enggak terlalu lama disajikannya.

Menu yang disediakan lumayan banyak mulai dari ayam cobek, gurame cobek, kikil, lele, cah kangkung, cumi, udang dan lain-lain. Ayam cobek merupakan ayam goreng dengan tekstur yang empuk dan rasa yang gurih.

Alamat :
Jl. Cihampelas, Bandung Utara

Es Durian Pak Aip

Berdiri sejak tahun 1980 oleh bapak Aip Sarifudin es campur/es teller di Jalan Tamansari. Pada tahun 1987 mulai membuka Kantin Sakinah di Jalan Tubagus Ismail I no 1 dengan menu utama es duren. Setelah berkembang kemudian pindah ke Komplek Pertokoan Jalan Tubagus Ismail No. 5, Simpang Dago, Bandung.

Salah satu yang patut dicoba, ada es durian campur kelapa muda dan alpukat. Diatasnya ditambahkan sedikit sirup gula putih, es batu gepuk dan lelehan susu kental manis. Sebelum diminum, sebaiknya diaduk sebentar agar es mencair dan bercampur dengan susu kental manis. Sehingga paduan rasanya lebih rata dan menyegarkan saat disruput.

Alamat :
Jl. Tubagus Ismail No 5, Bandung

Batagor & Siomay Kingsley

Batagor yang paling terkenal dan jadi ciri khas Bandung adalah Batagor Kingsley. Rasa dari batagor disini sangat beda sekali sama batagor tempat lainnya. Ikannya lebih terasa, tingkat kekenyalan adonannya pas, gurihnya pas. Racikan bumbu kacangnya juga mantap dan dengan tingkat kekentalan saus kacang yang pas.

Batagor kingsley menyediakan batagor kuah dan kering. Untuk batagor Kuahnya, kuah beningnya segar dan lebih enak jika kita tambahkan bumbu lain seperti saus sambal, kecap, cuka dan sejenisnya, sedangkan Batagor keringnya tetap enak dan renyah, tambah mantap dimakan dengan saus kacangnya.

Alamat :
Jl. Veteran No. 25, Bandung

 Share & Komentar

 Artikel lainnya