Google Street View Kini Telah Hadir di Jabodetabek

 Kamis, 21 Agustus 2014 12:46 WIB

Google Street View Kini Telah Hadir di Jabodetabek

Proyek Google Street View merupakan salah satu layanan yang menyediakan pemandangan jalan 360 derajat dan membolehkan pengguna untuk melihat bagian dari kota atau suatu daerah, dan kini sudah dapat dinikmati oleh warga Jabodetabek. Khusus untuk Kota jakarta sendiri, seperti Museum Fatahilah, Bundaran Hotel Indonesia, kawasan Senayan, dan sebagainya sudah bisa diintip dan juga hampir seluruh jalan utama di Jakarta juga sudah dapat diakses lewat Street View, termasuk juga semua jalan-jalan arteri yang ada di Ibu kota Indonesia ini. Namun selain Jabodetabek, Street View juga bisa diakses untuk wilayah Surabaya dan Bali.

Proyek Google Street View sendiri mulai diluncurkan Google semenjak 2007 lalu di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, proyek tersebut baru dimulai sejak Oktober 2012. Google menggunakan mobil khusus yang dilengkapi dengan kamera yang bisa mengambil gambar 360 derajat untuk melakukan pemetaan di sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Google Street View ketika dioperasikan, bisa menampilkan foto untuk dapat dijelajahi menggunakan tombol panah di keyboard atau mouse dengan menekan panah di layar. Menggunakan cara ini, foto dapat dilihat dalam berbagai ukuran, dari arah manapun, dan berbagai sudut. Garis yang diperlihatkan di sepanjang jalan menandai arah yang diikuti oleh jalan itu.

Untuk mengakses layanan Google Street View, buka dari browser, https://maps.google.com, klik area yang ingin Anda kunjungi dan pilih menu “Street view” yang muncul di bawah area pencarian. Cara lain ialah dengan “menyeret” (drag) icon gambar orang berwarna kuning yang terletak di kanan bawah layar browser ke area yang akan dijelajahi.

 Artikel lainnya
 Share & Komentar