Sanggar Cempedak Khas Kalimantan

 Minggu, 17 Agustus 2014 09:03 WIB

Sanggar Cempedak Khas Kalimantan

Sanggar adalah sebutan untuk pisang goreng di Kalimantan. Sanggar cempedak berarti semacam pisang goreng, tetapi bukan memakai pisang, melainkan memakai buah cempedak. Cempedak sendiri adalah buah-buahan yang bentuknya, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian.

Cempedak

Buah cempedak ini bisa dimakan dalam keadaan segar atau diolah terlebih dulu diberi tepung, gula atau garam dan lalu digoreng dan dijadikan camilan, yang biasanya di kalimantan disebut sanggar cempedak. Uniknya, sanggar cempedak digoreng bersama biji cempedaknya, sehingga saat menggoreng api harus kecil sehingga biji cempedak bisa masak. Sanggar cempedak ini sangat nikmat jika di makan hangat-hangat sebagai teman minum teh atau kopi di pagi atau sore hari.

Buah Cempedak

Selain itu, kulit buah cempedak bisa diolah menjadi makanan juga. Masyarakat Kalimantan umumnya menyebut dengan Mandey. Kulit buah yang biasanya hanya menjadi sampah bisa diolah kembali menjadi makanan yang gurih. Mandey sendiri melalui beberapa proses, dimana kulit buah dipotong menjadi beberapa bagian. Kemudian dimasukkan kedalam toples tertutup dan dicampur dengan garam secukupnya sampai beberapa bulan, bahkan tahunan.


 Artikel lainnya