10 Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Pisang merupakan salah satu komoditas buah tropis yang sangat populer di dunia dan mempunyai buah yang sedap dan lezat serta mudah ditanam. Pisang juga bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Selain rasanya manis, Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin C, juga kalium, potasium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium. Berikut 10 manfaat mengkonsumsi pisang :

Sebagai Sumber Energi

Kandungan karbohidrat dalam pisang bisa jadi sumber energi untuk tubuh kita. Jika kita mengkonsumsi dua buah pisang sehari, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi dalam melakukan aktivtas ehari-hari.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

Mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi)

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita.

Memperlancar Proses Metabolisme / Pencernaan

Satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Selain menyehatkan saluran cerna, serat juga kita butuhkan untuk menjaga perut terasa kenyang lebih lama.

Mencegah Terserang Flu dan Batuk

Mudah terserang penyakit seperti flu, batuk dan lain-lainnya?. Mulailah makan buah pisang. Kandungan vitamin C pada buah ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang anda miliki.

Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang bermasalah dengan berat badan, maka rutin mengkonsumsi buah ini dapat membantu menurunkan berat badan yang anda miliki. Ini dikarenakan, buah ini mengandung jumlah kalori yang relatif kecil.

Menghaluskan Kulit Wajah

Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kasar dan kering, daging buah pisang pun bisa jadi solusi. Caranya, hancurkan pisang dan tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan sebagai masker pada wajah yang bermasalah. Rasakan betapa kulit wajah akan berubah menjadi halus dan lembut.

Mengobati anemia

Apabila dikonsumsi secara rutin buah pisang dapat mengatasi anemia. Hal tersebut dikarenakan pisang mengandung zat besi yang mampu merangsang produksi hemoglobin dalam tubuh kita.

Untuk ibu hamil

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil ternyata cukup banyak dan mungkin belum anda ketahui. Pisang ini sebaiknya dikonsumsi setiap hari karena mengandung asam folat yang penting bagi kesempurnaan janin anda, membantu pembentukan sel-sel baru serta mencegah terjadinya cacat bawaan. Anda juga dapat terhindar dari morning sick atau mual-mual saat pagi hari karena buah ini mampu menjaga kadar gula darah.

Mencegah Kram Otot dan Menjaga Kesehatan jantung

Buah ini sangat terkenal akan kandungan potasiumnya. Dengan kadar potasium mencapai 400 mg dalam pisang berukuran sedang, buah ini wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium juga diketahui sangat baik untuk fungsi otot dan saraf, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium dalam pisang juga cocok dikonsumsi untuk mencegah kram otot setelah olahraga.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya