Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Maag

Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Maag

Sakit maag secara medis lebih dikaitkan dengan produksi asam lambung berlebihan. Juga terjadinya gangguan sel-sel yang melapisi bagian dalam lambung dan usus dua belas jari. Setiap kali produksi asam lambung atau kerusakan permukaan sel meningkat, terjadilah iritasi, yang muncul dalam bentuk rasa nyeri.

Salah satu cara mencegah terkena sakit maag adalah dengan mengatur pola makan Anda. Jika biasanya Anda makan tidak teratur, Anda disarankan untuk makan 3 kali dalam sehari dan pada jam yang sama. Tak hanya itu, Anda juga disarankan untuk mengurangi makanan pedas yang membuat perih pada lambung.

Lalu, bagaimana dengan yang sudah terkena maag dan Bagaimana cara mengobatinya?

Dijelaskan oleh dr. Rahajeng Arianggarini dari MeetDoctor.com, bagi Anda yang terkena sakit maag, mengonsumsi obat-obatan tidak akan menyembuhkan maag tersebut tanpa disertai makan teratur sesuai jam nya. Bila jam makan sudah tiba, usahakanlah untuk makan meski Anda belum merasakan lapar. Baik jam makan pagi, siang, dan malam. Makan dengan porsi sedikit jauh lebih baik daripada menunda makan lalu ketika lapar memakan makanan dengan porsi besar.

Di samping itu, sebisa mungkin Anda mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi kopi dan teh ( caffeine). Tak hanya itu, makanan terlalu pedas dan asam juga patut dihindari karena dapat membuat lambung Anda terasa perih.

Anda tidak ingin merasakan lambung perih karena maag kan? Makanya, perbaiki pola makan Anda dan hindari makanan yang dapat memicu munculnya sakit maag.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya