Mengenal Spesies Anggrek Hitam

Mengenal Spesies Anggrek Hitam

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) adalah spesies anggrek yang hanya tumbuh di pulau Kalimantan. Anggrek hitam adalah maskot flora provinsi Kalimantan Timur. Saat ini, habitat asli anggrek hitam mengalami penurunan jumlah yang cukup besar karena semakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan namun masih bisa ditemukan di cagar alam Kersik Luway dalam jumlah yang sedikit. Diperkirakan jumlah yang lebih banyak berada di tangan para kolektor anggrek.

Dinamakan anggrek hitam karena anggrek ini memiliki lidah (labellum) berwarna hitam dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Sepal dan petal berwarna hijau muda. Bunganya cukup harum semerbak dan biasa mekar pada bulan Maret hingga Juni.

Anggrek hitam termasuk dalam anggrek golongan simpodial dengan bentuk bulb membengkak pada bagian bawah dan daun terjulur di atasnya. Setiap bulb hanya memiliki dua lembar daun saja. Daunnya sendiri sekilas mirip seperti daun pada tunas kelapa muda.

Jika kita ingin melihat anggrek hitam ini maka kita dapat ke Kalimantan tepatnya di cagar alam Kersik Luway namum jumlah anggrek hitam di sini hanya tinggal sedikit. Petugas cagar alam mengatakan bahwa anggrek ini sekarang lebih banyak di tangan kolektor bunga anggrek. Karena kelangkaanya ini maka anggrek hitam ini menjadi salah satu flora yang dilindungi negara.

Anggrek ini termasuk tanaman epifit, bentuk daunnya sekilas mirip dengan daun kelapa atau tunas kelapa yang masih muda, memiliki daun kembar yang muncul atau tumbuh di bagian ujung umbi semunya. Rata-rata panjang daun bunga anggrek hitam sekitar 40 cm namun jika ditanam di lahan atau di media tanam yang tepat panjang daun ini bisa mencapai 60 cm. Rata-rata jumlah bunga dalam satu kuntum sekitar 11 kuntum dan jika di tanam di media yang cocok untuk bunga anggrek hitam maka bunganya bisa mencapai 15 kuntum.

Jika anda ingin membeli bibit bunga anggrek hitam ini mungkin akan sulit, sebab status langka pada bunga ini menjadikannya tanaman yang dilindungi oleh negara, dimana sitem jual beli tanaman langka diatur dalam undang-undang. Oleh karena itu sulit bagi kita untuk menemukan toko online yang berani secara terang-terangan menjual bibit anggrek hitam ini. Adapun anggrek yang banyak dijual orang secara bebas adalah bibit bunga anggrek bulan hitam, anggrek ini bukanlah jenis atau golongan anggrek hitam.

Cara yang tepat mendapatkan bibit bunga anggrek hitam ini hanya memungkinkan bila anda mengenal kolektor anggrek di daerah anda dan memiliki koleksi anggrek ini, anda dapat menghubungi mereka untuk meminta atau membeli sebuah bibit bunga anggrek hitam ini.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya