Teknologi WIFI Kecepatan 10 Gbps Akan Hadir Tahun Depan

 Kamis, 24 April 2014 12:46 WIB

Teknologi WIFI Kecepatan 10 Gbps Akan Hadir Tahun Depan

Sebelumnya kami pernah memberitakan bahwa saat ini Inggris bersama dengan Jerman sedang mengerjakan proyek besar jaringan telekomunikasi 5G yang akan diimplementasikan di Inggris. Proyek jaringan telekomunikasi 5G ini merupakan proyek masa depan yang akan menjadi jaringan Internet tercepat di dunia yang mampu mendownload data film berukuran 800 MB dalam waktu 1 detik dan bahkan nilai investasi proyek ini mencapai € 73 juta atau setara dengan US$ 122 Juta.

Jika teknologi jaringan telekomunikasi 5G mampu mendownload data dengan kecepatan 6,4 Gbps (800MB/detik), lalu bagaimana dengan perkembangan teknologi jaringan WIFI ketika jaringan telekomunikasi 5G ini akan mulai diimplementasikan di beberapa negara maju ?

Baru-baru ini, terdengar kabar dari salah satu produsen chip perangkat jaringan telekomunikasi, Quantenna Communications, yang mengembangkan teknologi arsitektur Quantenna 8×8 dan MU-MIMO pada chip terbaru mereka yang akan diluncurkan pada tahun 2015 nanti. Penggunaan arsitektur Quantenna 8×8 ini mampu meningkatkan kemampuan performa MU-MIMO dengan signifikan sehingga chip ini mampu mendapatkan kecepatan throughput transfer data yang mencapai 10 Gbps atau setara dengan 1,25 GB/detik.

Selain itu perusahaan Quantenna Communicatios ini juga cukup yakin bahwa teknologi mereka ini akan mulai dipakai pada tahun 2015 mendatang, karena saat ini mereka sudah menjalin kerja sama dan menjadi supplier perangkat keras telekomunikasi untuk perusahaan telekomunikasi besar, seperti AT&T, Direct TV, Swisscom, Telefonica, France Telecom dan Belgacom.

Sumber: bgr.com

 Artikel lainnya
 Share & Komentar