Ini dia Faktor Yang Menyebabkan Darah Tinggi

Ini dia Faktor Yang Menyebabkan Darah Tinggi

Menderita penyakit tekanan darah tinggi sering kali menyebabkan datangnya penyakit kronis lainnya. Misalnya saja penyakit jantung dan gagal ginjal yang membutuhkan pengobatan serius. Anda tidak ingin kan penyakit kronis tersebut menyerang tubuh Anda?

Maka dari itu, tidak ada salahnya kan jika Anda menyimak dengan baik apa saja yang menjadi penyebab dari naiknya tekanan darah dalam tubuh Anda. Berikut ini dr. Harbanu Hermawan Mariyono, SpPD dari MeetDoctor.com, memberikan penjelasan terkait dengan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi merupakan keadaan kronis yang menyebabkan peningkatan kerja jantung lebih cepat dari biasanya dan mengalirkan darah ke pembuluh darah. Tekanan darah yang menaik dapat merusak pembuluh arteri Anda secara perlahan.

Penyakit darah tinggi ini dapat dikategorikan menjadi hipertensi esensial dan hipertensi sekunder. Hipertensi Esensial disebabkan oleh faktor genetik. Jika orang tua Anda ada yang menderita penyakit darah tinggi, kemungkinan Anda juga berisiko mengalaminya. Sedangkan hipertensi sekunder merupakan penyebab penyakit lain yang dapat menyebabkan naiknya tekanan darah Anda seperti gangguan hormonal, tumor, gangguan fungsi ginjal, gangguan struktur pembuluh darah, dll.

Jadi kesimpulannya, faktor keturunan dan adanya penyakit lain dapat memicu naiknya tekanan darah dalam tubuh. Makanya, ada baiknya juga untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda.

Sumber: meetdoctor.com

 Share & Komentar

 Artikel lainnya