Atasi Rematik dengan Mengkonsumsi Kunyit

Atasi Rematik dengan Mengkonsumsi Kunyit

Rematik adalah gejala timbulnya nyeri di daerah otot atau di daerah sekitar persendian yang terjadi karena reaksi inflamasi atau peradangan. Rematik bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah gangguan terhadap sistem kekebalan tubuh yakni infeksi bakteri streptokokus yang menyerang daerah sendi. Karena di dalam persendian mengandung cairan yang berfungsi sebagai pelumas sehingga tulang dapat digerakkan dengan leluasa.

Selain itu faktor penuaan juga dapat menjadi penyebab seorang terjangkit rematik. Pada mereka yang berusia lanjut gejala rematik bisa muncul karena lapisan pelindung persendian mulai menipis dan cairan tulang mulai mengental, akibatnya tubuh menjadi kaku dan sakit saat digerakkan. Pada beberapa kasus, gejala rematik muncul sebagai gejala yang menyertai penyakit lain misalnya asam urat.

Penyakit rematik yang tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan penurunan kualitas hidup penderitanya. Dalam jangka panjang, penyakit ini daopat menyebabkan kecacatan atau depresi.

Penderita rematik harus memperhatikan konsumsimakanan hariannya. Karena itu, disarankan agar para penderitarematik untuk menghindari bahan makanan yang dapat memicu timbulnya rematik, seperti jeroan daging kambing, burung dara, bebek, ayam, ikan sarden kaleng, kubis, melinjo dan daun singkong. Yang dianjurkan adalah minum air putih 8-10 gelas per hari, mengkonsumsi yoghurt, urap sapi, kaki ayam, dan kaki sapi, kunyit, temulawak serta berolah raga secara teratur.

Namun dari semua yang dianjurkan tersebu tyang memiliki banyak khasiat adalah kunyit. Karena dalam kunyit mengandung zat curcuimin yang bermanfaat untuk membunuh radikal bebas, menurunkan lipid kolesterol dan memperbaiki pembuluh darah sehingga digunakan untuk mengobati rematik.

Untuk dapat membantu menyembuhkan rematik, penderita rematik disarankan untuk menambah kunyit dalam berbagai bentuk hidangan makanan mereka. Kunyit dapat dikonsumsi dalam bentuk jamu ataupun ditambahkan dalam masakan. Selain dikonsumsi, kunyit juga dapat digunakan pada bagian tubuh luar sebagai pereda nyeri saat rematik.

Dengan konsumsi yang teratur dan komposisi yang tepat, akan membantu mengurangi bahkan menyembuhkan rematik. Karena kunyit mengandung banyak zat aktif berupa minyak atsiri dan curcumin yang berfungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan sehingga cepat meredakan nyeri akibat rematik.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya