Layanan #music Twitter Resmi Dihentikan

 Senin, 7 April 2014 13:10 WIB

Layanan #music Twitter Resmi Dihentikan

Setelah bertahan selama satu tahun, layanan musik dari Twitter akhirnya secara resmi dihentikan. Melalui halamannya, Twitter mengumumkan akan mematikan layanan untuk mobile tersebut yang secara resmi akan berhenti pada 18 April mendatang. Meskipun saat ini masih bisa diakses namun Twitter telah menarik layanan tersebut dari App Store sehingga tidak ada pengguna baru yang bisa mendownload aplikasi tersebut.

Twitter sendiri meluncurkan layanan #Music setahun yang lalu, dimana layanan ini merupakan aplikasi mobile yang terpisah dari Twitter dan harus didownload dari toko online masing-masing platform mobile. Twitter #Music merupakan layanan yang diluncurkan setelah Twitter mengakuisisi layanan pencarian musik We Are Hunted pada tahun 2012. Layanan #Music memiliki sistem yang tak jauh beda dengan layanan dari We Are Hunted yang memungkinkan pengguna Twitter untuk menemukan artis dan grup musik serta membaca berbagai review mengenai artis atau grup musik favoritnya, namun ternyata di lapangan Twitter #Music tidak mampu berkompetisi dengan layanan sejenis yang jumlahnya sangat banyak.

Layanan ini memang nampaknya mengalami berbagai masalah baik masalah internal maupun eksternal. Tahun lalu, kurang dari seminggu setelah #Music diluncurkan, kepala divisi musik Twitter meninggalkan perusahaan tersebut. Dan pada bulan Oktober 2013 lalu Twitter sudah berencana untuk menutup layanan #Music. Meskipun layanan ini sudah diintegrasikan dengan aplikasi populer lainnya seperti Spotify dan Rdio, namun tanggapan tweep nampaknya kurang positif dan tidak terlalu menarik perhatian para pengguna mainstream. Aplikasi pencarian musik lain yang banyak tersedia nampaknya jauh lebih menarik bagi para tweep pecinta musik.

Dalam pengumumannya tanggal 22 Maret lalu, Twitter menyatakan akan menghapus Twitter #Music dari App Store hari itu juga namun pengguna masih bisa menggunakan hingga tanggal 18 April dimana pada hari berikutnya layanan #music akan benar-benar dihentikan. Namun nampaknya Twitter berencana mengganti layanan #Music ini dengan layanan lain yang masih berkaitan dengan musik. Dalam postingan selanjutnya Twitter menyebutkan akan melanjutkan eksperimen dengan cara baru membawa konten hebat berdasar pada aktifitas musik terlihat di Twitter tiap harinya.

 Artikel lainnya
 Share & Komentar