Peringatan Hari Ibu ke 85

Peringatan Hari Ibu ke 85

Setiap tahun pada tanggal 22 Desember, bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh warga negara Indonesia di dalam maupun di luar negeri, untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Perjuangan kaum perempuan dimaksud merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjuangan merebut kemerdekaan bersama-sama laki-laki, sebagaimana diikrarkan dalam Kongres Perempuan Indonesia pertama pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Peringatan Hari Ibu juga dimaksudkan untuk mempertebal tekad dan keyakinan bangsa Indonesia, untuk mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan. Selain itu, peringatan Hari Ibu diharapkan pula untuk mendorong dan meningkatkan peran dan kemitraan perempuan bersama laki-laki dalam mengisi kemerdekaan serta membangun bangsa untuk mewujudkan tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Telah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah, organisasi non pemerintah, LSM dan swasta di dalam upaya untuk memberdayakan kaum perempuan dan mewujudkan kesetaraan gender dan telah pula melihat kemajuan tersebut di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial-budaya, hukum dan pengambilan keputusan.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa dewasa ini masih terdapat 4 (empat) bentuk proses diskriminasi terhadap perempuan yaitu :

  1. Masih adanya penolakan terhadap peran perempuan di ruang publik.
  2. Rendahnya anggaran untuk menghapuskan diskriminasi dan kesenjangan gender.
  3. Masih rendahnya perhatian untuk memenuhi hak kesehatan reproduksi dan perlindungan kerja.
  4. Maraknya peraturan daerah yang diskriminatif terhadap kaum perempuan yang membatasi kiprah mereka.
 Share & Komentar

 Artikel lainnya