5 Cara Mengatur Pola Makan, Untuk Mencegah Kanker Payudara

5 Cara Mengatur Pola Makan, Untuk Mencegah Kanker Payudara

Memilih jenis makanan dan minuman, serta rajin berolahraga adalah hal terpenting. Berikut ini pola makan yang dapat diikuti untuk mencegah kanker payudara, antara lain :

1. Hindari Menambah Berat Badan

Ini merupakan satu cara paling penting untuk mengurangi risiko kanker payudara. Dengan demikian, anda harus menyeimbangkan pola makan yang sehat dengan berolah raga. Sebuah study yang melibatkan lebih dari 100 ribu wanita melaporkan bahwa mereka yang berolahraga secara rutin menurunkan resiko kanker payudara daripada yang tidak. Karena olahraga membantu menurunkan kadar hormon penyebab kanker payudara.

2. Makanan Berlemak Secukupnya Saja

Sebuah study mengatakan wanita yang menjalani diet rendah lemak, secara signifikan berhasil mengurangi risiko kanker muncul kembali. Rata-rata mereka juga kehilangan sekitar 2,1 kg setelah menjalani tahun pertama percobaan. Sedangkan wanita yang ada di kelompok lain justru bertambah berat 226 gr. Penambahan berat badan dikaitkan dengan perulangan kanker payudara dan angka pertahanann yang lebih rendah, sehingga burangnya berta badan akibat pola makan rendah lemak tentu menjadi keuntungan utama.

3. Makanlah Kedelai

Mengkonsumsi kedelai, seperti tahu dan kacang kedelai,sedikit mengurangi resiko kanker payudara.Namun Laurence Kolonel,MD,PhD, direktur program epidemiologi di cancer Research Center of Hawaii, tidak menyarankan asupan kedelai melalui supplement. Phytoestrogen dosis tinggi yang ditemukan dalam supplement dapat bertindak seperti estrogen di dalam tubuh menyebabkan sel-sel payudara berubah dam berpotensi menyebabkan kanker.Orang yang sembuh dari kanker payudara, dan wanita yang beresiko terhadap penyakit ini disarankan menghindari supplement ini.

4. Sayuran Dan Buah-buahan

Women’s Healthy and Living Study ( WHL) di University of California San Diego, mendapati bahwa wanita yang mengkonsumsi sedikitnya lima porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari ( dan jalan cepat 30 menit setiap hari ) menurunkan resiko meninggal karena kanker payudara hingga separuhnya.” Jika wanita tidak mampu menurunkan berat badan, namun makan cukup bnayak sayuran dan buah-buahan serta berolahraga, masih dapat menurunkan resiko pengulangan kanker payudara “katanya.

5. Minum Alkohol Secukupnya Saja

Minum (alkohol) sekali sehari saja bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Fakta lain menunjukan, penyakit jantung lebih banyak membunuh wanita dari pada kanker payudara. Pertimbangkan kembali keputusan anda untuk minum minuman beralkohol jika anda memiliki faktor risiko lain kanker payudara, batasi minuman alkohol bahkan jika anda memiliki keluarga yang terkena kanker payudara, sebaiknya hindari alkohol sama sekali.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya