4 Cara Mengatasi Iritasi Pada Kulit Bayi

4 Cara Mengatasi Iritasi Pada Kulit Bayi

Gejala iriatasi pada kulit bayi biasanya adalah timbul bintik berwarna merah yang terasa perih saat terkena keringat sehingga menyebabkan bayi tidak nyaman, beberapa keadaan dapat menjadi pemicu terjadinya iritasi, seperti Pemakaian popok sintesis atau celana berlapis plastik yang lama tidak diganti, sering menimbulkan iritasi langsung pada kulit akibat tertimbunnya urin atau kotoran yang mengandung amonia. Tertutupnya daerah popok meningkatkan suhu maupun kelembaban di daerah lipatan bokong makin memudahkan penyerapan bahan-bahan kimia iritan tersebut. Bila berlangsung berulang-ulang pelindung kulit akan rusak, sehingga memudahkan berkembangbiaknya jamur, seperti Candida albicans.

Beberapa tips Untuk mengatasi iritasi pada kulit bayi adalah sebagai berikut :

  1. Ganti pemakaian popok sekali pakai dengan popok kain tipis yang lembut untuk sementara selama peradangan.
  2. Daerah lipatan yang meradang sering dikompres dengan waslap handuk yang dibasahi air. Hindari pemakaian bedak untuk sementara waktu. Daerah lipatan sering dibuka dan diangin-anginkan. Bila berkeringat segera kompres perlahan dengan waslap handuk yang dibasahi air, jangan digosok lalu dikeringkan dengan handuk.
  3. Pakailah baju longgar dari bahan katun yang tipis dan mudah menyerap keringat.
  4. Jangan oleskan obat salep, krim atau minyak apapun di daerah yang meradang tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
 Share & Komentar

 Artikel lainnya