Wisata Krabi Island, Surga di Selatan Thailand

Wisata Krabi Island, Surga di Selatan Thailand

Krabi memiliki alam yang indah, termasuk pantai berpasir putih, pulau-pulau besar dan kecil, serta hamparan hutan, bahkan beberapa gua alami. Alamnya subur sehingga daerah ini kaya dengan hasil pertanian seperti kelapa sawit, kopi, pohon karet, kelapa, dan tentu saja durian. Bila Anda termasuk penggemar berat buah satu ini, Anda bahkan dapat menikmati buah durian di pinggir jalan kota Krabi dengan harga yang terjangkau. Atau bila anda tidak cukup puas dengan buah durian saja, anda bisa mampir ke pasar tradisional setempat yang menjual aneka sayur dan buah-buahan segar. Tinggal pilih buah-buahan yang anda sukai. Ada buah salak juga, tapi bentuknya sangat berbeda dengan buah salak yang kita kenal karena bentuknya lonjong.

Ada satu objek menarik yang dapat Anda temui tak jauh dari daerah Ao Nang, dan terletak di pinggir jalan utama, yaitu Wat Sai Thai. Patung Buddha yang berukuran besar ini, dalam posisi berbaring dan berada di bawah ceruk tebing. Bila Anda ingin menyaksikan dari dekat kehidupan di monastery atau biara bagi para biksu dan biksuni, Anda dapat berkunjung ke Wat Tham Seua atau Tiger Cave. Letaknya sekitar 5 kilometer dari kota Krabi, dan merupakan salah satu pusat meditasi terkenal di daerah selatan. Sejumlah benda-benda peninggalan jaman prasejarah, pernah ditemukan di areal yang dikelilingi hutan alami ini. Di dalam, Anda akan dapat melihat aktivitas para biksudan biksuni serta banyak patung Buddha, gajah, maupun patung orang suci yang sengaja diabadikan di tempat ini. Tempat ini sangat unik, jadi pastikan jangan sampai Anda melewatkan kesempatan mengabadikannya.

Disekitar areal ini juga terdapat beberapa patung pemujaan, termasuk patung Ganesha pun dapat kita temui disini. Sebenarnya, dipuncak bukit terdapat patung budha yang sangat besar, namun Anda harus menaiki sekitar 1200 anak tangga untuk mencapainya. Sangat tepat bagi Anda yang memiliki hobby trekking. Sebelum menuju Shell Fossil Cemetery, kita melewati sebuah pulau kecil yang dianggap sebagai symbol daerah Krabi. Tidak jauh dari Taman Nasional, Anda dapat menyaksikan fosil-fosil kerang berusia sekitar 40 juta tahun. Para pengunjung dilarang berjalan diatas lempengan fosil karena dapat merusak fosil tersebut.

Kini saatnya kita berpetualang menjelajahi laut Andaman, ada sekitar 200 pulau besar dan kecil yang tersebar di sepanjang garis pantai di Krabi ini, namun tidak seluruhnya dapat disinggahi karena banyak yang hanya berupa daratan batukarang tanpa akses untuk mendarat. Anda akan terpesona dengan indahnya pasir putih yang menghampar di seluruh pantai di Krabi ini. Anda dapat menyewa boat setempat dan guide local untuk menjelajahi satu pulau ke pulau lainnya. Namun Anda harus ingat, tidak semua pulau bisa dikunjungi pada saat musim hujan antara bulan Mei hingga Oktober karena cuaca bisa jadi tak terduga. Keunggulan pantai-pantai di Krabi ini yaitu suasananya yang tenang, tidak terlalu dipadati pengunjung maupun pedagang karena mungkin ada begitu banyak pilihan pantai yang bisa dikunjungi. Ketenangan suasana pantai di Krabi menjadi pilihan tepat bila Anda ingin bersantai menghabiskan hari di tepi pantai.

Mirip seperti di Bali, ada pula sebuah tempat sembahyang kecil di tepi pantai. Tidak hanya di tepi pantai, di setiap rumah atau bangunan di Thailand biasanya memiliki areal khusus untuk tempat sembahyang ini. Dari sekian banyak pulau menarik yang dapat anda kunjungi di Krabi, ada satu pulau yang cukup unik, yaitu Koh Gai atau Chicken Island. Pulau ini dinamakan demikian karena bentuknya yang menyerupai kepala dan leher ayam atau burung unta.

Selain itu ada pula pulau Tap dan Mor. Anda bahkan dapat berjalan kaki dari satu pulau menyebrang ke pulau lainnya bila ombak sedang surut. Sungguh pengalaman menarik yang sayang untuk dilewatkan. Selain snorkeling, disini Anda juga dapat memberi makan ikan langsung dari tangan Anda, bermain-main dengan ikan yang bergerombol di tepi pantai. Snorkeling menjadi daya tarik yang cukup besar di perairan Krabi ini. karena banyak ikan dan koral yang indah di bawah lautnya. Di salah satu bagian dari pulau tersebut, ada tempat yang pemandangan alamnya mengagumkan, yaitu, pantai Pra Nang. Disini Anda akan menikmati surga alam tropis, perpaduan antara birunya laut Andaman dengan tebing yang menjulang tinggi membentuk stalaktit alami.

Dibawah tebing terdapat gua kecil, tempat para nelayan memberi sekedar persembahan karena dipercaya akan membawa keberuntungan. Pesona alam yang luar biasa, sehingga para wisatawan tak akan melewatkan kesempatan untuk berenang menikmati segarnya air laut. Selain itu, latar belakang tebing yang menjulang, sayang untuk dilewatkan begitu saja. Krabi memang merupakan surga bagi para pecinta alam. Topografi alamnya memungkinkan anda- para wisatawan, menikmati banyak hal yang bisa ditawarkan oleh sebuah destinasi wisata.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya