Bakpia Pathok Khas Yogyakarta

Bakpia Pathok Khas Yogyakarta

Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Cina, aslinya bernama Tou Luk Pia, yang artinya adalah kue pia (kue) kacang hijau. Selain itu pula bakpia mulai diproduksi di kampung Pathuk Yogyakarta, sejak sekitar tahun 1948. Waktu itu masih diperdagangkan secara eceran dikemas dalam besek tanpa label, peminatnya pun masih sangat terbatas. Proses itu berlanjut hingga mengalami perubahan dengan kemasan kertas karton disertai label tempelan.Tak lengkap rasanya jika Anda jalan jalan ke Yogyakarta tapi tidak menikmati kuliner khas kota budaya ini. Salah satu makanan khas yang wajib Anda coba adalah gudeg Jogja. Selain itu, ada juga bakpia yang sangat terkenal dengan nama Bakpia Pathok.

Nama Pathok sendiri diambil dari nama desa tempat bakpia ini diproduski, yakni ‘Pathok’. Desa inilah yang menemukan resep dan cara membuat bakpia secara tradisional yang memiliki cita rasa yang khas, nikmat dan sangat pas untuk dijadikan oleh oleh untuk sanak keluarga di rumah.

Selain rasanya enak dan nikmat, keunggulan Bakpia Pathok ini adalah harganya yang super terjangkau. Di desa tempat lahirnya bakpia Pathok ini, Bakpia pathok dijual dengan harga lebih murah dibandingkan dengan yang dijual di luar daerah Pathok.

Desa Pathok sendiri terletak di jalan AIP KS.Tumbun disebelah jalan malioboro. Bakpia Pathok sendiri tidak hanya bisa ditemukan di desa Pathok saja, tetapi juga bisa ditemukan di daerah lainnya. Terdapat beberapa toko yang menjual Bakpia Pathok ini, diantaranya adalah bakpia Pahok 25, bakpia Patho 75 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rasa bakpia Pathok pun semakin beragam, ada yang rasa kacang hijau, keju, cokelat dan bahkan ada juga rasa umbi ungu. Anda bisa memilih sendiri bakpia Pathok dengan rasa yang sesuai dengan selera.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya