Kopi Aceh Gayo, si Hitam dan Beraroma Harum

Kopi Aceh Gayo, si Hitam dan Beraroma Harum

Si hitam dan beraroma harum yang selalu menjadi teman minum setia ini merupakan minuman yang terkenal di seluruh penjuru dunia. Kopi merupakan salah satu komoditas utama dalam perdagangan sejak zaman pelayaran bangsa-bangsa Eropa ke Bumi Nusantara.

Sejak dahulu Indonesia (khususnya Jawa) terkenal sebagai salah satu wilayah perdagangan kopi terbesar di dunia. Sampai-sampai Java Coffee saat ini digunakan sebagai nama dan logo untuk salah satu teknologi piranti lunak terkenal di dunia (Java™). Indonesia merupakan negara penghasil kopi keempat terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Colombia. Produksi kopi di Indonesia saat ini mencapai 600.000 ton per tahun. Lebih dari 80% produksi tersebut berasal dari perkebunan rakyat (data dari ICCRI). Letak geografis Indonesia yang beriklim tropis merupakan wilayah yang sangat cocok untuk tanaman kopi.

Kopi yang dihasilkan di Indonesia memiliki berbagai macam rasa dan aroma. Di Indonesia terdapat empat varietas kopi yang ditanam yaitu Robusta, Arabika, Liberika, dan Ekselsa. Kopi Robusta dan Arabika merupakan jenis yang paling banyak ditanam di Indonesia. Sebagian besar wilayah kebun kopi di Indonesia ditanami kopi Robusta karena jenis ini yang paling mudah untuk dikembangkan. Sedangkan jenis Arabika cukup peka dengan lingkungan dan memerlukan perlakuan/perhatian khusus. Perbedaan rasa Kopi Arabika dipengaruhi oleh ketinggian tanah, suhu, tingkat kelembaban, dan kandungan mineral tanah.

Hal ini menyebabkan munculnya berbagai variasi rasa kopi Arabika yang berbeda di setiap pulau di Indonesia. Beberapa yang cukup terkenal di dunia antara lain Kopi Arabika Aceh Gayo, Sumatra Mandailing, Sumatra Lintong, Java Jampit, Bali Kintamani, Toraja Kalosi, dan Papua Wamena. Kopi jenis Arabika ini mempunyai harga yang cukup tinggi di pasar kopi dunia. Aceh adalah salah satu daerah penghasil kopi terbesar di nusantara ini. Tanah Aceh menghasilkan sekitar 40% biji kopi Arabika berkualitas ekspor dari total panen kopi di Indonesia. Aroma kopi Aceh sudah terkenal sejak lama di Indonesia dan dunia. Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu kopi khas Nusantara asal Aceh yang cukup banyak digemari oleh berbagai kalangan di dunia. Kopi Aceh Gayo memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Kebanyakan kopi yang ada, rasa pahitnya masih tertinggal di lidah kita, namun tidak demikian pada kopi Aceh Gayo. Rasa pahit hampir tidak terasa pada kopi ini.

Cita rasa kopi Aceh Gayo yang asli terdapat pada aroma kopi yang harum dan rasa gurih hampir tidak pahit. Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa rasa kopi Aceh Gayo melebihi cita rasa kopi Blue Mountain yang berasal dari Jamaika. Kopi Aceh Gayo dihasilkan dari perkebunan rakyat di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Di daerah tersebut kopi ditanam dengan cara organik tanpa bahan kimia sehingga kopi ini juga dikenal sebagai kopi hijau (ramah lingkungan).

 Share & Komentar

 Artikel lainnya