Keindahan Danau Toba, Objek Wisata di Sumatera Utara

Keindahan Danau Toba, Objek Wisata di Sumatera Utara

Berada ditengah pulau Sumatera pada ketinggian 900 meter diatas permukaan laut, Danau Toba terbentang sepanjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer dengan kedalaman 505 meter di titik terdalam. Meski demikian, masih banyak orang belum mengetahui bahwa Danau Toba sesungguhnya adalah salah satu gunung berapi terbesar di dunia.

Sekitar 75.000 tahun yang lalu, gunung berapi ini meletus. Ledakannya termasuk yang terbesar dalam 25 juta tahun terakhir. Akibat letusan, terbentuklah kaldera yang kemudian terisi air dan kini dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan keatas oleh magma yang belum keluar, membuat timbulnya Pulau Samosir ditengah danau. Menurut para ahli geologi, ledakan ini setara dengan hantaman asteroid raksasa ke bumi. Hujan debu dan batu sebanyak 2.800 kubik kilometer ke atmoster, telah merubah iklim dunia saat itu seolah menjadi jaman es. Debu vulkanik yang terbawa angin, bahkan dapat ditemukan sampai ke daratan Cina dan Afrika Selatan.

Danau Toba kini menjadi salah satu dari tiga tujuan di Indonesia yang dikualifikasikan dalam kampanye New 7 Wonders of Nature yang dibuat oleh the New 7 Wonders Foundation (dua kandidat lainnya adalah Taman Komodo Nasional dan Pulau Krakatau).

 Share & Komentar

 Artikel lainnya