Tips Cermat Membuat Liburan Anda Lebih Menyenangkan

Tips Cermat Membuat Liburan Anda Lebih Menyenangkan

Hal yang sering terjadi akibat kurang persiapan dalam rencana Liburan adalah penuhnya fasilitas penginapan dan kendaraan sewaan di tempat berlibur, sehingga dapat menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk mencari tempat penginapan atau kendaraan sewaan. atau lupa membawa perlengkapan berlibur yang penting bahkan bisa saja tiba-tiba jatuh sakit saat menikmati wisata sehingga tidak dapat menikmati acara rekreasi tersebut.

Hasilnya sudah dapat dipastikan bahwa liburan menjadi kacau dan uang yang dikeluarkan untuk berlibur menjadi terbuang percuma. Persiapan yang matang dan baik perlu dilakukan untuk beriburan .Meski liburan atau rekreasi adalah waktu bersantai, namun persiapan yang saksama perlu dilakukan untuk menghindari berbagai masalah yang mengganggu liburan Anda.

Persiapan Berlibur

Sebelum mulai berlibur, buat perencanaan dan persiapan yang matang jauh hari di muka. Memang mempersiapkan liburan di awal cukup merepotkan. Tetapi, dengan melakukan hal ini akan membuat liburan menjadi lebih baik. Persiapan liburan merupakan faktor penentu agar liburan Anda sukses. Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan saat akan berlibur yaitu :

  1. Lakukan persiapan jauh di muka. Karena jika tiba-tiba Anda mengubah tujuan tempat wisata, maka Anda masih memiliki banyak waktu untuk melakukannya.
  2. Tetapkan tujuan tempat wisata. Anda bisa diskusikan dengan keluarga jika ingin melakukan rekreasi keluarga. Berlibur bukan berarti selalu di luar kota atau tempat yang jauh dari rumah. Liburan di pinggir kota jika terdapat tempat wisata yang nyaman dan pemandangan indah juga bisa menjadi alternatif pilihan. Misalnya berlibur di pantai atau di taman nasional. Pilihan lain adalah berlibur di dalam kota, seperti mengunjungi tempat bersejarah maupun taman bermain.
  3. Pastikan Anda sudah memesan tempat penginapan seperti hotel atau vila sebelum masa liburan. Jika Anda berlibur tanpa menggunakan kendaraan pribadi, pesan juga kendaraan sewaan di tempat berlibur jika Anda ingin mengunjungi beberapa lokasi wisata. Biasanya hotel maupun kendaraan sewaan telah dipesan jauh di muka oleh banyak wisatawan.
  4. Mulailah mencari panduan wisata di lokasi wisata yang Anda tuju. Informasi tempat wisata bisa Anda dapatkan di situs web, majalah, hasil mengobrol dengan teman-teman, dan media lainnya. Gali informasi seperti kebiasaan penduduk setempat, hal yang unik di sana, maupun lokasi wisata terdekat di area yang sama. Tentu hal ini membuat liburan Anda lebih bermakna dan mendidik.
  5. Mulailah mencatat barang bawaan apa saja yang akan dibawa. Tujuannya agar tidak ada yang terlupakan. Bayangkan di tempat berlibur ternyata kamera Anda tertinggal, tentu liburan Anda bisa cepat terlupakan. Benda-benda seperti kertas, spidol, atau pensil meski terlihat tidak penting, bisa juga dibawa. Anda bisa menggambar peta wisata, rencana tujuan, maupun mencatat hal-hal penting selama di perjalanan.
  6. Jangan membawa terlalu banyak barang bawaan sehingga membuat Anda tidak leluasa. Apalagi jika Anda menggunakan transportasi umum seperti pesawat terbang, kapal laut, atau kereta api. Jangan sampai barang-barang tersebut membuat mobilitas Anda terganggu. Karena itu, buat perkiraan yang terbaik untuk barang bawaan Anda sesuai dengan kondisi yang ada.
  7. Urus semua dokumen perjalanan maupun dokumen kesehatan yang diperlukan. Misalnya jika Anda merencanakan berlibur di luar negeri, Anda bisa mengurus beberapa dokumen yang diperlukan untuk Anda dan keluarga.

Menjelang hari keberangkatan, Anda juga bisa membuat persiapan akhir. Khususnya Anda bisa mempersiapkan fisik Anda agar tidak kelelahan di tempat liburan atau di tempat rekreasi. Beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan, khususnya jika Anda merencanakan berlibur di luar kota atau luar negeri, adalah sebagai berikut :

  1. Tidur cukup
    Upayakan tidur cukup menjelang hari Anda berangkat berlibur. Pada hari Anda berangkat berlibur, biasanya kondisi fisik akan cukup lelah karena perjalanan panjang yang jauh. Bisa jadi ada delay waktu penerbangan yang membuat Anda menunggu cukup lama sehingga Anda kelelahan. Perubahan cuaca juga akan mempengaruhi kesehatan Anda. Karena itu, Anda perlu mempersiapkan fisik Anda agar tidak jatuh sakit saat berlibur.
  2. Makan yang benar
    Sepekan menjelang berangkat berlibur, upayakan makan dan minum yang benar. Jika Anda di perjalanan dan mengalami gangguan di perut, tentu akan mengganggu perjalanan dan liburan Anda.
  3. Periksa barang bawaan
    Persiapkan semua barang bawaan yang telah Anda rencanakan jauh-jauh hari. Misalnya Anda bisa menyiapkan pakaian yang cocok, kamera, alat musik, mainan, buku, obat-obatan, kosmetik seperti tabir surya, dan berbagai barang lainnya yang membuat liburan Anda nyaman. Jangan lupa mempersiapkan cemilan untuk dinikmati selama di perjalanan.
  4. Obat-obatan
    Jika Anda memiliki gangguan kesehatan khusus, seperti penyakit jantung atau hipertensi, ada baiknya Anda mempersiapkan obat untuk penyakit tersebut untuk membuat tindakan pencegahan di tempat berlibur.
  5. Hindari alkohol dan kopi
    Hindari mengkonsumsi alkohol maupun kopi, khususnya jika Anda berpergian ke luar negeri. Karena Anda akan mengalami jet lag, sedangkan alkohol dan kopi akan berdampak negatif terhadap jet lag.

Liburan bisa menjadi saat yang paling menyenangkan, bahkan minggu-minggu terbaik sepanjang tahun. Tidak heran anak-anak menantikan liburan dengan penuh harap bersama keluarga. Persiapan yang sepatutnya turut mengatasi kemungkinan bahaya dan masalah saat berlibur.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya