Tips Merawat Gigi Yang Baik dan Benar

Tips Merawat Gigi Yang Baik dan Benar

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.

Kesehatan gigi sangatlah penting untuk kehidupan. Maka tips merawat gigi ini akan menolong Anda dari gangguan pada gigi dan hidup Anda.

  1. Rajin Gosok Gigi
    Menggosok gigi tidak perlu terlalu rajin atau berlebihan, 6 kali sehari misalnya. Ini malah menyebabkan rusaknya lapisan gigi. Cukup 2 atau 3 kali sehari, setelah sarapan atau makan siang dan sebelum tidur
  2. Gunakan Dental Floss
    Kadang sisa-sisa makanan masih melekat di sela-sela gigi setelah menggosok gigi. Jika perlu, gunakan dental floss atau benang gigi. fungsinya untuk membersihkan sisa makanan yang bersembunyi di sela-sela gigi.
  3. Bleaching atau pemutihan
    Model perawatan gigi semacam ini banyak tersedia di klinik gigi dan klinik kecantikan. Perawatan semacam ini bisa bertahan selama dua hingga tiga tahun. Tapi tetap saja setelah di bleaching, anda harus menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi.
  4. Minum Air Setelah makan
    Minumlah air sehabis makan, usahakan Air Putih terlebih dahulu
  5. Perbanyak makan buah buahan yang berserat
    Selain untuk kesehatan, buah juga dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada di gigi
  6. Hindari mengonsumsi makanan yang bisa merusak gigi dan lengket
    misalnya cokelat dan permen. Jika tetap dimakan, perhatikan kebersihan mulut setelahnya.
  7. Rutin kontrol ke dokter gigi setiap enam bulan sekali
    Biasakan memeriksakan gigi sejak dini. Makin awal masalah gigi ditangani makin murah biayanya

Menyikat gigi dengan baik dan teratur, ada 3 faktor yang harus diperhatikan :

  1. Pemilihan sikat gigi
  2. Pilih bulu sikat gigi yang jangan terlalu keras/lembek/jarang. Ujung sikat gigi dan ujung bulu sikat sedekat mungkin karena bila tidak ujung sikat sudah mentok ke bagian belakang mulut tapi bulu sikat tidak kena ke permukaan gigi bagian belakang. Atau pilihlah sikat gigi kecil untuk menyikat gigi geligi bagian belakang /gigi geraham. Gantilahlah sikat gigi minimal setiap 3 bulan sekali atau bila bulu sikat gigi sudah tidak beraturan.
  3. Cara menyikat/gerakan sikat gigi
    Lakukan dengan gerakan vertikal dari arah gusi ke ujung gigi. Untuk rahang atas, dari atas ke bawah dan sebaliknya, untuk rahang bawah, dari bawah ke atas. Bagian luar, dalam dan permukaan gigi yang untuk mengunyah disikat dengan teliti tapi tanpa tekanan. Gusi juga harus disikat agar sisa-sisa makanan lunak yang ada di leher gigi tersikat dan melakukan massage pada gusi sehingga gusi sehat, kenyal dan tidak mudah berdarah. Juga mencegah terbentuknya karang gigi.
  4. Frekuensi menyikat gigi
    Sebaiknya dilakukan minimal 2 kali sehari pada pagi hari sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Lebih baik menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor yang dapat menguatkan email.
 Share & Komentar

 Artikel lainnya