Tips Menghilangkan Jerawat Dengan Cara Alami

Tips Menghilangkan Jerawat Dengan Cara Alami

Bagi remaja timbulnya jerawat memang bisa bikin masalah yaitu mengurangi rasa Percaya diri apalagi kalau munculnya jerawat di seluruh wajah. Jerawat pada umumnya timbul pertama kali saat kita mengalami pubertas atau sekitar usia 12-19 tahunan dimana pada dimasa remaja seperti itu produksi hormon androgen sedang aktif dan memicu timbulnya jerawat.

Penyebab Munculnya Jerawat

Menurut, dr. Gloria Novelita, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, sebuah penelitian dari peneliti rigopoulous di tahun 2007 menunjukkan jika timbulnya jerawat sebanyak 62 persen disebabkan oleh makanan, terutama cokelat.

Sedangkan penelitian yang sebelumnya dilakukan peneliti El-Akawi di tahun 2006, menunjukkan timbulnya jerawat disebabkan oleh makanan seperti kacang, cokelat, kue, makanan berminyak, telur dan susu.

“Studi yang sudah ada menunjukkan pola makan Western (glycemic index (GI) tinggi dan berlemak) memengaruhi timbulnya jerawat. Contohnya seperti makanan cepat saji yang tinggi akan kalori namun sedikit nutrisi,” ujar dr. Gloria dalam dalam peluncuran produk "Nexcare Acne Cover", di ANZ Tower, Jakarta, Kamis, baru-baru ini.

Hal ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Cordain di tahun 2002, para peneliti tidak menemukan jerawat pada populasi dengan pola makan non Western. Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Kaymak di tahun 2007 menunjukkan, pasien dengan jerawat lebih dari 2 tahun, umumnya memiliki pola makan GI yang tinggi.

Tips Menyembuhkan/mengobati Jerawat Secara Tradisional

Jika sudah terlanjur berjerawat sebenarnyanya ada banyak cara untuk menghilangkan jerawat secara alami maupun secara modern seperti penggunaan laser atau suntik steroid. Kali ini anda bisa mencoba secara tradisional dan terbukti efektif, mudah, murah tanpa efek samping.

1. Kulit Jeruk & Lemon

Kedua bahan diatas bisa digunakan untuk mengatasi jerawat membandel, selain obat-obatan lain yang bisa anda temukan dengan mudah di toko-toko obat atau di toko yang menjual produk kecantikan. Caranya tumbuk kulit jeruk sampai halus, campur sedikit air lalu oleskan pada bagian yang terkena jerawat, biarkan hingga 10-15 menit lalu dibilas dengan air bersih

2. Mentimun

Meski jenis buah ini mudah ditemukan dan harganya sangat murah ternyata mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh termasuk untuk mengatasi jerawat. Anda bisa melakukan dengan cara mengiris lalu menempelkan pada bagian yang terkena dan fungsinya untuk untuk memberikan efek sejuk pada bagian kulit yang meradang, setelah 15 menit kemudian cuci dengan air bersih.

3. Madu

Cairan alami yang dihasilkan oleh lebah madu. Dari berbagai hasil penelitian ilmiah, madu terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit termasuk membasmi berjerawat. Caranya oleskan madu pada kulit yang yang terkena jerawat, gunakan kapas atau cotton but (urekan kuping), biarkan 15 menit lalu bilas, lakukan setiap hari sampai jerawat mengering

4. Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin, tapi banyak orang yang kurang suka karena aromanya yang kurang sedap jika sudah terlalu matang. Caranya blender pepaya secukupnya lalu oleskan pada wajah yang meradang biarkan selama 20 menit lalu bersihkan.

5. Masker Dengan Kuning Telur

Telur banyak mengandung protein, Ambilah 1 butir telur (ayam kampung bagus) lalu buang putihnya sampai bersih kemudian ambil kuning telur tersebut dan kocok sampai halus lalu jadikanlah masker wajah, biarkan selama 30 menit kemudian bilas.

6. Masker Buah Kenari dan Yogurt

Lembutkan buah kenari dengan cara dihancurkan sampai berubah menjadi bubuk halus, ambil sedikitnya 2 sendok teh, lalu campurkan yogurt polos. Kemudian campuran kenari tadi dioleskan pada wajah dan pijat biarkan selama 20 menit lalu bilas untuk membersihkan

7. Tomat

Ternyata buah tomat Juga berkhasiat untuk mengobati / menghilangkan jerawat. Buah ini sangat ampuh untuk menghilangkan komedo hitam (blackheads). Cara penggunaannya. Belah buah tomat menjadi 2 bagian, kemudian usapkan ke area wajah yang berjerawat. Setelah itu, diamkan saja selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu segera bilas dengan air sampai benar-benar bersih.

dari ke 7 Cara diatas tersebut juga bisa diterapkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat yang biasanya masih terus menempel di wajah berupa bintik hitam atau berbentuk lubang kecil yang terbuka dan susah untuk dihilangkan.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya