Obyek Wisata Pantai Sendang Biru Malang

Obyek Wisata Pantai Sendang Biru Malang

Pantai Sendang biru terletak 69 km ke arah selatan dari kota Malang. Untuk bisa berkunjung di Pantai Sendang biru ini harus melewati Turen, kemudian Sumbermanjing Wetan. Tempatnya berada di kecamatan Sumber Manjing Wetan. Pantai Sendang biru lebih dikenal sebagai tempat pendaratan dan pelelangan ikan Kabupaten Malang.

Air yang tenang dan biru disebabkan ombak yang datang dari laut selatan tidak langsung menyapu pantai yang luasnya seukuran lapangan sepak bola ini, melainkan membentur pulau yang berada tepat di depannya. Sehingga, disela jarak keduanya membuat air di pantai sangat tenang dan terlihat membiru.

Pantai ini berhadapan dengan Pulau Sempu. Jarak keduanya hanya dipisahkan oleh selat sempit. Jarak antara Pantai Sendang biru dan Pulau Sempu sangat cocok dipakai untuk berperahu atau olah raga air pantai lainnya. Pada tanggal 7 atau 8 Syawal, banyak masyarakat yang naik perahu menuju Pulau Sempu untuk mengambil air tawar yang ada di sana. Menurut kepercayaan, air tawar Pulau Sempu mujarab untuk kesehatan atau kesembuhan.

Bernama pantai Sendang biru karena di pantai ini ada sumber air atau dalam bahasa Jawa yang berarti “sendang” yang berwarna biru.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya