Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Ada banyak alasan yang menyebabkan anak kita tidak mau makan secara teratur. Untuk itulah diperlukan cara yang bijak dan baik untuk membuat anak mau makan. Menggunakan cara kekerasan pada anak tidak akan menyelesaikan masalah dan dapat memperparah keadaan. Problema sulit makan ini dialami anak di usia balita. Umumnya mulai ditemui pada usia anak 1-4 th. Banyak hal yang menyebabkan anak susah makan. Karena bagi anak, saat makan itu bukan hanya pemenuhan gizi tetapi juga saat penuh tantangan, rasa ingin tahu, berlatih, belajar, dsb.

Untuk membantu mengatasi anak susah makan, orang tua perlu melakukan beberapa hal :

1. Menghidangkan menu yang bervariasi

Sama seperti orang dewasa, jika hampir setiap hari diberikan menu yang sama, maka anak akan bosan (meskipun menu yang diberikan merupakan menu favorit anak tersebut). Oleh karena itu, orangtua harus jeli dan pintar untuk memberikan menu yang bervariasi kepada anak. Misalnya: jika anak sudah sering diberi ikan cobalah mengganti ikan dengan ayam atau daging atau dapat pula diganti cara memasaknya.

2. Mempercantik tampilan makanan

Contohnya, dalam sebuah iklan di TV, ada orangtua yang menghidangkan nasi goreng dengan diberi gambar wajah, mata yang terbuat dari tomat, bibir dari sosis, dan hidung dari ketimun. Penampilan nasi goreng yang seperti ini akan lebih menarik perhatian bagi anak daripada nasi goreng yang terhidang begitu saja di piring tanpa hiasan.

3. Disiplin lamanya waktu makan

Latihlah disiplin si kecil dalam hal makan melalui porsi makan serta lamanya si kecil menghabiskan makanannya. Set suatu waktu, misalnya setengah jam, untuk si kecil mengakhiri waktu makannya, habis ataupun masih bersisa. Jika dalam waktu setengah jam makanannya masih bersisa, sesuaikan porsinya untuk si kecil dapat menghabiskannya dalam setengah jam.

4. Pastikan anak anda tidak mengkonsumsi jus terlampau banyak

Terlalu banyak jus membuat perut penuh dan menurunkan selera makan sehingga tidak cukup tempat untuk makanan bergizi. Bila anak merasa haus, berikan dia air minum.

5. Berikanlah kepuasan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya

Buatlah agar suasana hatinya senang, misalnya anak makan sambil jalan-jalan, melihat kereta api, dan lain-lain. Problem utama anak susah makan itu 6 bulan sampai 2 tahun. Asal usia itu terlewati dengan bagus, mudahan ke depannya tidak ada masalah.

6. Sebaiknya kita juga memberi contoh dengan mengkonsumsi makanan yang sama dengan lahap

Bila anak melihat orang tua memakannya, maka anak akan cenderung meniru dan juga ikut memakannya. Tanpa dipaksapun, anak akan ingin mencoba makanan tersebut. Tak akan ada gunanya memaksa anak makan sayur, sedangkan orang tuanya tidak makan sayuran.

7. Usahakan makan bersama keluarga

Meskipun setiap balita berbeda, beberapa balita menirukan perilaku orang lain. Jadi jika Ibu menikmati makanan yang menyehatkan, balita Ibu dapat melihat dan belajar dari apa yang Ibu lakukan.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya