Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Mudik merupakan salah satu tradisi yang sudah ada sejak dulu. Mudik adalah kegiatan pulang kampung untuk bertemu sanak keluarga, kenalan dan kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Kegiatan mudik ini akan membuat kampung halaman tujuan menjadi ramai dari biasanya. Namun kegiatan mudik ini juga akan membuat fenomena yang sangat menonjol, misalnya saja adalah sepinya pemukiman, perumahan, kompleks, wisma, mes, lingkungan kos, rumah atau kamar kontrakan, dan sejenisnya karena ditinggal penghuninya untuk pulang mudik.

Saat rumah ditinggal mudik maka biasanya rumah tersebut hanya dikunci tanpa ada seorang pun yang menjaganya. Ini tentunya akan menimbulkan persoalan baru, yaitu adanya peluang terjadinya peristiwa pencurian ketika kita mudik. Untuk itu, perlu diupayakan solusinya agar tidak terjadi peristiwa pencurian tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips cara aman saat kita meninggalkan rumah untuk pulang kampung atau mudik

  1. Sebelum Anda pergi, pastikanlah semua pintu rumah dan jendela terkunci.
  2. Cabut selang gas dari kompor dan matikan berbagai alat elektronik yang tidak digunakan. Jangan lupa pula untuk mencabut steker (colokan) barang elektronik saat meninggalkan rumah. Ini berfungsi untuk menghemat listrik dan mencegah adanya arus pendek yang bisa memicu kebakaran rumah.
  3. Nyalakan lampu di beberapa bagian dalam rumah, seperti di kamar atau di ruang tamu, untuk memberi kesan kalau rumah tidak ditinggal dalam keadaan kosong.
  4. Titipkan rumah ke tetangga yang tidak mudik atau pengurus RT/RW. Tak lupa juga untuk bertukar nomor telepon dengan tetangga terdekat dan pengurus RT/RW yang tidak mudik agar tetap bisa berkomunikasi selama Anda berada di kampung halaman.
  5. Upayakan untuk memberi uang tips pada petugas keamanan di lingkungan perumahan agar 'lebih' mengawasi rumah Anda.
  6. Jika punya anggaran lebih, pasang alarm untuk mencegah masuknya penjahat ke rumah kita atau kamera pengawas (CCTV) di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga. Kini sejumlah perusahaan penyedia jasa keamanan juga sudah menawarkan tenaga pengamanan yang ditugaskan untuk menjaga khusus rumah atau ruko selama libur Lebaran.
  7. Amankan barang-barang berharga, jangan menyimpan barang berharga yang mudah untuk dibawa kemana – mana saat Anda meninggalkan rumah.
  8. Jangan was-was, jangan habiskan hari istimewa anda dengan merasa was was terus menerus lantaran memikirkan keadaan rumah yang ditinggalkan. Yang paling utama, anda sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir hal – hal buruk.
 Share & Komentar

 Artikel lainnya