Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami

Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami

Asma adalah keadaan saluran napas yang mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan, penyempitan ini bersifat sementara.

Penyebab

Pada penderita asma, penyempitan saluran pernapasan merupakan respon terhadap rangsangan yang pada paru-paru normal tidak akan memengaruhi saluran pernapasan. Penyempitan ini dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga.

Pada suatu serangan asma, otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan (inflamasi) dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini akan memperkecil diameter dari saluran udara (disebut bronkokonstriksi) dan penyempitan ini menyebabkan penderita harus berusaha sekuat tenaga supaya dapat bernapas.

Sel-sel tertentu di dalam saluran udara, terutama mastosit diduga bertanggungjawab terhadap awal mula terjadinya penyempitan ini. Mastosit di sepanjang bronki melepaskan bahan seperti histamin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya: - kontraksi otot polos - peningkatan pembentukan lendir - perpindahan sel darah putih tertentu ke bronki. Mastosit mengeluarkan bahan tersebut sebagai respon terhadap sesuatu yang mereka kenal sebagai benda asing (alergen), seperti serbuk sari, debu halus yang terdapat di dalam rumah atau bulu binatang.

Tetapi asma juga bisa terjadi pada beberapa orang tanpa alergi tertentu. Reaksi yang sama terjadi jika orang tersebut melakukan olah raga atau berada dalam cuaca dingin. Stres dan kecemasan juga bisa memicu dilepaskannya histamin dan leukotrien.

Sel lainnya yakni eosinofil yang ditemukan di dalam saluran udara penderita asma melepaskan bahan lainnya (juga leukotrien), yang juga menyebabkan penyempitan saluran udara.

Asma juga dapat disebabkan oleh tingginya rasio plasma bilirubin sebagai akibat dari stres oksidatif yang dipicu oleh oksidan.

Melihat penyebab dari penyakit asma tersebut, anda pun dapat mengatasinya dengan memperhatikan penyebab. Misalnya jika penyebab penyakit asma pada penderita adalah terjadinya inflamasi maka anda harus menggunakan obat yang dapat membantu mengatasi inflamasi dan memberikan efek pelebaran pada saluran nafas. Sedangkan jika terjadi produksi mucus yang berlebihan, anda dapat menggunakan obat yang dapat mengontrol produksi mucus tersebut. Namun, hal ini tidak berlaku jika anda menggunakan cara mengobati penyakit asma dengan ramuan tradisional.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan info mengenai cara mengobati penyakit asma dengan menggunakan beberapa bahan alami yang diracik secara khusus untuk penderita asma. Apabila anda tertarik, silahkan anda simak uraian berikut ini.

Ramuan dengan daun-daunan

Cara mengobati penyakit asma yang pertama dapat anda lakukan dengan meracik beberapa jenis daun-daunan yang tentunya berkhasiat dalam mengatasi penyakit asma. Beberapa bahan yang anda butuhkan yaitu daun seledri, daun waru, garam dan juga gula aren. Apabila semua bahan tersebut sudah anda siapkan, tumbuk semua bahan racikan tersebut dengan perbandingan daun waru lebih banyak jika dibandingkan daun seledri. Misalnya untuk daun seledri 3 tangkai, daun waru 9 lembar. Setelah cukup hancur semua bahan tersebut, tambahkan air panas ½ gelas dan aduk hingga merata. Minum racikan ini di pagi hari dan lakukan secara rutin hingga anda merasa penyakit asma anda sudah membaik.

Ramuan bawang putih

Bawang putih sebanyak 5 siung kemudian anda tumbuk atau anda potong kecil-kecil kemudian anda rebus dengan air sebanyak 1 gelas. Tunggu hingga mendidih dan volume air berkurang sekitar 1/2 nya. Tambahkan madu satu sendok makan untuk membantu menutupi rasa dari bawang putih. Dalam cara mengobati penyakit asma ini, minum minimal 2 kali dalam sehari dengan selalu membuat racikan baru. Sebaiknya pengobatan ini anda lakukan secara rutin, di pagi dan juga sore hari dalam waktu minimal 1 minggu.

Selain dengan ramuan di atas, anda pun dapat melakukan cara mengobati penyakit asma dengan telur puyuh yang memang sudah terbukti efektif dalam mengobati asma dan juga kulit buah manggis yang dapat dengan mudah anda peroleh.

 

 Share & Komentar

 Artikel lainnya