Tips dan Cara Cepat Mengajarkan Anak Membaca

Tips dan Cara Cepat Mengajarkan Anak Membaca

Biasanya mengajarkan membaca bagi sebagian orangtua sangat sulit dan rumit, apalagi jika anaknya memang tidak mau belajar, sulit berkonsentrasi atau asyik dengan kegiatannya sendiri. padahal membaca merupakan kebutuhan dasar anak-anak dalam mendapatkan wawasan melalui media cetak. sehingga dibutuhkan sebuah metode jitu dalam upaya menghantarkan anak usia dini lancar membaca.

Yang mesti diketahui adalah membaca bagi anak bagai kunci untuk membuka dunianya, kata demi kata yang dia pelajari akan meningkatkan kecerdasannya. dengan berbagi cara ibu dari anak tersebut selalu ingin membuat anaknya bisa membaca. Itulah sebabnya membaca perlu menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. mengajar anak membaca dengan rutin sama halnya memberi makanan pada otaknya.

Tips dan Trik Mengajarkan Anak Membaca yang Baik

1. Bernyanyi

Anak-anak suka mengikuti irama dan bernyanyi. Ajarilah mereka lagu ABC dan perkenalkan mereka dengan huruf-huruf nya. Gunakan alat bantu kertas huruf berwarna-warni akan sangat membantu pemahaman anak.

2. Memasang Karpet Huruf

Selain untuk tempat bermain, karpet huruf bisa menjadi sarana untuk belajar. Perkenalkan huruf-huruf dan gambar yang menyertainya kepada anak-anak dan bantu mereka untuk mengingatnya, contoh huruf A untuk apel, dst. Gunakan tema nama-nama dalam anggota keluarga di Set A (ayah, ibu, tante, kakek, nenek), nama buah di Set B (apel, pisang, jambu, jeruk, durian), dan nama hewan di Set C (ayam, itik, angsa, ikan, kuda). Buat 15 kata dibagi dalam 3 set kategori berbentuk kartu dari karton dan spidol. Masing-masing terdiri Set Kategori A, Set Kategori B dan Set Kategori C yang berbeda.

3. Belajar Membaca Dengan Flash Card

Anak-anak suka belajar membaca dengan flash card karena biasanya disertai gambar menarik pada flash card. Tidak semua kata ada pada flash card karena biasanya flash card disusun berdasarkan topik, misalnya hewan, profesi, buah, dan sebagainya. Orang tua bisa membuat flash card sendiri. Gunakan kata-kata yang dikenal anak-anak, misalnya nama-nama anggota keluarga, nama kucingnya, makanan kesukaannya, dan sebagainya.

 Share & Komentar

 Artikel lainnya