Jenis dan Tips Menggunakan Parfum

Jenis dan Tips Menggunakan Parfum

Sebelum berpergian, jangan lupa menyemprotkan parfum ke tubuh Anda. Tapi apakah Anda tahu, parfum itu memiliki beberapa jenis. Tergantung dari campuran minyak, alkohol dan materi lainnya.

Parfum Dibagi Menjadi Beberapa Tipe, Yaitu

1. Eau de Cologne (EDC)

Jenis wewangian yang ringan dan standar, mengandung 5-20 % komponen aroma. Biasa digunakan setelah habis mandi untuk menyegarkan tubuh.

2. Eau de Perfume (EDP)

Kandungan alkoholnya sedikit dan mengandung 10-30 % komponen aroma, untuk itu aroma wanginya bisa tahan cukup lama dan kuat. Cocok digunakan untuk pesta atau acara malam hari, karena wanginya yang cenderung lebih tajam, dan menusuk.

3. Eau de Toilette (EDT)

Memiliki kadar alkohol yang tinggi dan mengandung 5-20 % komponen aroma. Aroma wewangian ini ringan, tidak terlalu tajam, dan awet. Cocok digunakan pada setiap kesempatan. Selain terbagi menjadi 3 tipe, parfum juga dikategorikan berdasarkan aroma bahan-bahan yang digunakan untuk menghasikan aroma yang khas.

4. Woody

Wewangian yang didominasi oleh aroma kayu khas pepohonan di Kepulauan Pasifik Selatan. Ditandai dengan aroma sandalwood dan cedar. Bagi Anda pria independent,terkesan serius,introvert,dan menyukai hal-hal yang bersifat ekstrem, wewangian ini akan sangat cocok menemani petualangan Anda. Contoh: Gucci pour Homme by Gucci

5. Chypre

Aroma yang terbentuk dari gabungan bargamot, oakmoss, dan labdanum. Karakteristik parfum yang ditandai dengan aroma apricot dan custard, dalam bahasa Perancis lebih dikenal dengan Cyprus. Parfum ini cocok bagi cowok khas Perancis yang ”dandy”, lembut, sangat romantis, dan merupakan perayu ulung. Aroma manis dan lembutnya lebih cocok bila digunakan di suasana dingin/malam hari. Contoh: Pi by Givenchy

6. Citrus

Aroma citrus berasal dari jeruk dan kawan-kawannya seperti lemon, tangerine, clementine dan grapefruits. Karakteristik utamanya adalah aromanya yang segar. Hampir setiap EDT menggunakan aroma citrus ini. Parfum jenis ini, aroma segarnya langsung tercium begitu disemprotkan. Bagi cowok yang aktif, sporty, lively, dan ekstrovert, parfum jenis ini merupakan teman yang pas buat menemani aktivitas olahraga. Contoh: 212 Men by Carolina Herrera

7. Oriental/Ambers

Aroma Ambers merupakan campuran dari vanilla, bunga-bungaan, wood, dicampur dengan minyak camphorous. Aroma ini membawa kita ke suasana oriental yang eksotis. Keluarga parfum ini cocok bagi Anda yang romantis,namun ingin tetap terkesan misterius , maskulin, parfum jenis ini akan menemani malam saat ngedate saat menghangatkan si doi. Contoh : Armani Code/Black Code by Giorgio Armani

8. Fougere

Berbahan dasar lavender, coumarin, dan oakmoss. Aroma ini ditandai dengan wangi rempah-rempah bercampur dengan aroma wood. Termasuk dalam parfum yang memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan kondisi tubuh. Untuk executive muda ambisius, classy, dan sedikit konvensional, wewangian lembut ini bisa jadi pilihan untuk menambah inspirasi. Contoh: Boss Soul by Hugo Boss

Cara Menggunakan Parfum yang Baik dan Benar

Parfum sendiri merupakan salah satu kebutuhan yang bertujuan sebagai pewangi dengan aroma tertentu. Berikut adalah 4 tips untuk menggunakan parfum.

  1. Gunakan parfum di bagian urat nadi pergelangan tangan dan dibelakang daun telingga. Kedua tempat tersebut merupakan pusat peredaran darah, yang mendukung minyak parfume untuk lebih mudah beradaptasi dengan minyak kulit.
  2. Kenakan 1 jam sebelum berpergian, agar wangi parfum tidak terkesan berlebihan, dan sudah menjadi lebih lembut.
  3. Jangan semprotkan ke pakaian, karena akan meninggalkan bekas pada saat memilih parfum, jangan mencoba 2 jenis sekaligus, karena wangi akan berubah. Selain itu coba langsung di kulit, untuk mengetahui wanginya dengan tepat.
  4. Pilih kemasan dengan botol berwarna, karena ini akan melindungi parfum dari sinar langsung, sehingga lebih tahan lama.
 Share & Komentar

 Artikel lainnya