Museum Mulawarman Kutai Kartanegara

 Gallery   Tenggarong, Kutai Kartanegara

Alamat :
Jl. Diponegoro No. 26, Tenggarong, Kutai Kartanegara
Kalimantan Timur - Indonesia

Nomor Telepon :
(0541) 661412

Peta Lokasi :

Museum Mulawarman adalah istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun pada tahun 1963. Museum ini merupakan salah satu obyek wisata bersejarah di kota Tenggarong dan menjadi salah satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Provinsi Kalimantan Timur.

Di dalam Museum Mulawarman ini tersimpan benda-benda yang mempunyai nilai sejarah/seni yang tinggi yang pernah digunakan oleh Kesultanan seperti :

  1. Singgasana, sebagai tempat duduk Raja dan Permaisuri. Kursi ini terbuat dari kayu, dudukan dan sandarannya diberi berlapis kapuk yang berbungkus dengan kain yang berwarna kuning, sehingga tempat duduk dan sandaran kursi tersebut terasa lembut. Kursi ini dibuat dengan gaya Eropa, penciptanya adalah seorang Belanda bernama Ir. Vander Lube pada tahun 1935.
  2. Patung Lembu Swana, Lambang Kesultanan Kutai, dibuat di Birma pada tahun 1850 dan tiba di Istana Kutai pada tahun 1900. Lembu Swana diyakini sebagai Kendaraan Tunggangan Batara Guru. Nama lainnya adalah Paksi Liman Janggo Yoksi, yakni Lembu yang bermuka gajah, bersayap burung, bertanduk seperti sapi, bertaji dan berkukuh seperti ayam jantan, berkepala raksasa dilengkapi pula dengan berbagai jenis ragam hias yang menjadikan patung ini terlihat indah.
  3. Kalung Uncal, benda ini merupakan atribut dan benda kelangkapan kebesaran Kesultanan Kutai Kartanegara yang digunakan pada waktu penobatan Sultan Kutai menjadi Raja atau pada waktu Sultan merayakan ulang tahun kelahiran dan penobatan Sultan serta acara sakral lainnya.
  4. Meriam Sapu Jagad Peninggalan VOC, Belanda
  5. Prasasti Yupa, yang trdapat di Museum ini adalah tiruan dari Yupa yang asli yang terdapat di Museum Nasional di Jakarta. Prasasti Yupa adalah prasasti yang ditemukan di bukit Brubus Kecamatan Muara Kaman. ke-7 prasasti ini menadakan dimulainya zaman sejarah di Indonesia yang merupakan bukti tertulis pertama yang ditemukan berupa aksara Pallawa dalam bahasa Sanskerta.
  6. Seperangkat Gamelan dari Keraton Yogyakarta 1855
  7. Arca Hindu
  8. Seperangkat Meja Tamu peninggalan Kesultanan Bulungan
  9. Ulap Doyo, hasil kerajinan Suku Dayak Benuaq
  10. Minirama tentang sejarah Kerajaan Kutai Kartanegara
  11. Koleksi Numismatika (mata uang dan alat tukar lainnya)
  12. Koleksi Keramik dari Cina, Jepang, Vietnam dan Thailand
  13. Dan lain-lain.
 Share & Komentar