Gudeg Yu Narni

 Kuliner   Sleman, Yogyakarta

Alamat :
Jl. Kaliurang km. 4.5, Karangasem
CT III/19 (Utara Kehutanan UGM), Sleman, Yogyakarta
D.I Yogyakarta - Indonesia

Nomor Telepon :
(0274) 589687

Peta Lokasi :

Gudeg Yu Narni menjual jenis gudeg kering, yaitu gudeg yang diolah sama seperti gudeg basah namun dilanjutkan dengan proses penumisan dengan bumbu-bumbu. Gudeg kering lebih awet dibandingkan dengan gudeg basah dan memiliki daya tahan selama 24 jam tanpa masuk refrigerator. Gudeg kering banyak diminati karena dapat dibawa sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta yang tidak mudah basi.

Gudeg terbuat dari nangka muda yang disajikan lengkap dengan areh, sambal goreng krecek, dan aneka lauk seperti telur, tahu,tempe, atau ayam. Nangka muda yang digunakan untuk membuat gudeg adalah nangka yang berumur 2-3 bulan, nangka ini berukuran sedang bila dibelah terlihat bijinya masih relatif lunak sehingga dapat diolah seluruhnya. Ditambah dengan pemberian gula jawa dan bumbu-bumbu akan dihasilkan gudeg dengan rasa yang manis dan berwarna coklat.

Bahan lainnya selain gudeg adalah areh. Areh terbuat dari santan kelapa yang dipanaskan cukup lama sampai terpisah air dan minyaknya sehingga terbentuk gumpalan-gumpalan kecil dan sangat berminyak. Areh tersebut masih diberi bumbu-bumbu sampai menghasilkan rasa yang gurih dan manis.

Sambal goreng krecek merupakan penambah variasi rasa pedas dalam menikmati sajian gudeg. Dalam pembuaatannya, krecek terbuat dari kulit lembu atau kerbau. Sambal goreng krecek terdiri dari krecek, tempe dan cabe rawit merah.

Bahan pelengkap gudeg atau lauk pauknya adalah telur, ayam, tahu, dan tempe. Telur yang biasa digunakan adalah telur bebek karena rasanya lebih gurih dan tidak mudah hancur saat perebusan. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang sehat dan berukuran besar. Semuanya dimasak dengan gula jawa dan bumbu-bumbu rempah sehingga memiliki rasa yang manis dan gurih.

Cita rasa gudeg Yu Narni memiliki keunikan rasa tersendiri yaitu rasanya yang tidak terlalu manis, namun ada rasa sedikit asin. Perpaduan rasa tersebut digemari para pelanggan terutama yang berasal dari luar kota yang tidak begitu menyukai rasa manis.

Daftar Menu

  1. Nasi Gudeg Telur
  2. Nasi Gudeg Telur + Tahu
  3. Nasi Gudeg Telur + Ayam
  4. Nasi Gudeg Sayap + Telur
  5. Nasi Gudeg Ati Ampela
  6. Nasi Gudeg Ati Ampela + Telur
  7. Nasi Gudeg Kepala
  8. Nasi Gudeg Kepala + Telur
  9. Nasi Gudeg Paha
  10. Nasi Gudeg Paha + Telur
  11. Nasi Gudeg Dada
  12. Nasi Gudeg Dada + Telur

 Kuliner di Sleman, Yogyakarta dan sekitarnya